ARIPITSTOP.COM – Meski pasar motor sport semakin mengekerut dihajar oleh market motor matic, pabrikan tetap terus berinovasi melakukan pembaruan produk baik dari segi desain maupun mesin dan teknologi. Terlihat baru saja Honda Indonesia sudah merilis New CBR150R dengan desain yang lebih sporty dibandingkan versi sebelumnya namun tetap mengedepankan motor yang nyaman saat dipakai riding harian dengan posisi stang yang tidak terlalu menunduk, riding position inilah sepertinya yang akan menjadi salah satu fokus Yamaha Indonesia untuk merubah All New R15 nantinya.

All New R15 155 VVA dirilis Januari 2017 silam, artinya motor ini sudah berumur lebih dari 4 tahun dan sudah waktunya untuk mendapatkan update desain. Kala itu YIMM meluncurkan All New R15 155 di Sirkuit Sentul, Bogor, Senin (23/1/2017). Pembukaan selubungnya langsung dilakukan oleh pembalap Yamaha MotoGP, Maverick Vinales.

Kala itu All New R15 dirilis dengan desain yang sangat fresh dibandingkan versi sebelumnya, R15 sudah dilengkapi dengan sok depan upside down, lampu depan dan belakang LED, dan ban terlebar di kelasnya. Dan dengan perubahan teknologi dengan penambahan fitur VVA untuk menjaga power tetap stabil di putaran atas, motor ini mampu menghasilkan tenaga 19 Tk @10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm @ 8.500. Tenaganya lebih besar 20 persen ketimbang R15 terakhir.

Lalu kapan seperti apa perubahan yang akan terjadi pada All New R15 nantinya yang kini sudah berumur lebih dari 4 tahun?, sedikit bocoran yang sebenarnya informasi ini sudah saya dapatkan sekitar dua bulan yang lalu atau tahun baru 2021, satu informasi yang kini dikuatkan dengan informasi tambahan lagi jika Yamaha Indonesia sedang menyiapkan facelift dari All New R15.

Perubahan apa yang terjadi?, tetap mengendepankan desain yang sporty, gosipnya Yamaha Indonesia akan sedikit merubah riding position yang lebih nyaman ketimbang saat ini yang lebih menunduk alias posisi stang nantinya akan lebih meninggi. Belum diketahui pasti apakah untuk membuat posisi riding position yang lebih nyaman nantinya akan memakai stang upper york atau under york.

Sepertinya Yamaha Indonesia berkaca pada kompetitor yang motornya lebih nyaman untuk dipakai harian karena posisi stang yang tidak terlalu menunduk namun tetap terlihat sporty. Lalu kapan motor ini akan dirilis?, belum diketahui apakah tahun ini sudah dirilis, hanya saja satu pesan dari sang informan adalah “lihat saja kejutannya…”.

Advertisements

6 KOMENTAR

  1. kayaknya sih 2022. Melihat siklusnya per 5 tahun.
    Untuk mesin ya semoga DOHC lah. Ataupun SOHC update area headnya agar lebih awet. Untuk performa sih sudah cukup lah sebenarnya. Cuman bobot motornya kl bs d reduksi lagi. apalah arti 19Hp tp kl bobotnya berat. turun 1-2 KG worth it

  2. Menurut saya ga perlu dibikin ergonomi nyaman sih, kalo perlu bikin genre baru sport touring berbasis dari motor ini macam yamaha tracer atau fj series 😊

  3. Kyknya naik r15 gak segoblok gsxrr deh. Gak urgen deh. Tp klo mmg mw bikin filosofi baru, niru2 kenyamanan ninja250 2 silinder, ya bagus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here