ARIPITSTOP.COM – Resmi, empat pabrikan motor asal Jepang bekerja sama dalam hal pembuatan Baterai untuk motor listrik yang bisa saling ditukar. Konsorsium yang didirikan oleh Honda Motor Co., Ltd., Kawasaki Heavy Industries, Ltd., Suzuki Motor Corporation dan Yamaha Motor Co., Ltd. pada bulan April 2019 yang bertujuan untuk meningkatkan adopsi sepeda motor listrik di Jepang telah mencapai kesepakatan untuk menstandarkan baterai yang dapat ditukar dan sistem penggantian, memungkinkan pembagian baterai dan membuka jalan bagi peningkatan adopsi sepeda motor listrik di Jepang.

Konsorsium dari keempat pabrikan motor di Jepang ini menyatarakan baterai motor listrik untuk masa depan yang bisa saling ditukar oleh keempat pabrikan motor. Bagian dari spesifikasi umum yang disepakati sesuai dengan perjanjian Society of Automotive Engineers of Japan, Inc. Organisation (JASO) TP21003 yang dikeluarkan pada 19 Maret.

Konsorsium akan melakukan verifikasi teknis dan standarisasi baterai yang dapat ditukar dengan penggunaan bersama, berdasarkan ini spesifikasi umum. Dengan meningkatnya permintaan dunia akan elektrifikasi mobilitas untuk mewujudkan masyarakat netral karbon, Konsorsium akan bekerja sama dengan Asosiasi Produsen Mobil Jepang untuk mewujudkan penggunaan bersama internasional (standardisasi internasional).

Konsorsium yang didirikan oleh Honda Motor Co., Ltd., Kawasaki Heavy Industries, Ltd., Suzuki Motor Corporation dan Yamaha Motor Co., Ltd. pada bulan April 2019, bertujuan untuk meningkatkan adopsi sepeda motor listrik di Jepang. Sejak awal, Konsorsium telah merumuskan standar untuk baterai yang dapat saling digunakan dan sistem penggantinya, sebagai solusi untuk masalah yang mencegah adopsi sepeda motor listrik secara luas sebagai bentuk mobilitas yang lebih ramah lingkungan dan nyaman – jangkauan berkendara dan pengurangan waktu pengisian.

Untuk membangun kenyamanan dan efektivitas baterai yang dapat ditukar dengan penggunaan timbal balik, Konsorsium telah bekerja sama sejak tahun lalu dengan uji lapangan “e-Yan OSAKA” yang dilakukan oleh Subkomite Promosi Sepeda Motor Listrik Asosiasi Produsen Mobil Jepang bekerja sama dengan Prefektur Osaka dan perusahaan universitas nasional Universitas Osaka, bertujuan untuk mempopulerkan dan meningkatkan penggunaan sepeda motor listrik yang ramah lingkungan.

Noriaki Abe | Sekretaris Perwakilan Konsorsium, dan Managing Officer, Operasi Sepeda Motor, Honda Motor Co., Ltd.:

“Kesepakatan standarisasi aki yang bisa digunakan bersama ini merupakan pencapaian yang diwujudkan melalui kerja sama empat pabrikan sepeda motor Jepang selama dua tahun terakhir. Saya berterima kasih kepada semua yang terkait dengan Konsorsium dan Society of Automotive Engineers of Japan, Inc. atas pengertian dan dukungan mereka. Sementara kami akan terus bekerja sama untuk membangun lingkungan yang memungkinkan penggunaan baterai bersama berdasarkan kesepakatan kami, kami juga akan bersaing satu sama lain untuk mengembangkan produk menarik yang memenuhi kebutuhan pelanggan kami. Melalui upaya kami dalam kerja sama dan kompetisi, kami akan berupaya untuk menyebarluaskan penggunaan sepeda motor listrik untuk mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan. “

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here