ARIPITSTOP.COM – Setelah Yamaha Vietnam kini giliran Yamaha Malaysia yang mendapatkan jatah merilis bebek sport terbaru generasi Jupiter MX yang kini memakai teknologi VVA dan kapasitas mesin yang terus membengkak. Yap… membengkak karena awalnya Jupiter MX berkapasitas 135cc kemudian naik ke 150cc kini berubah menjadi 155cc dengan penambahan teknologi VVA.

Dirilis di Malaysia nama bebek super sport ini diberinama Yamaha Y16ZR VVA, secara spesifikasi desain hingga fitur sama persis seperti yang dirilis di Vietnam hanya beda pewarnaan saja.

Yamaha Y16ZR VVA dibekali mesin SOHC, 4 klep, dengan pendingin cairan, berkapasitas 155 cc yang memiliki diameter dan langkah piston 58,0 mm × 58,7 mm. Dengan penambahan teknologi VVA (Variable Valve Actuation), mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimum 17,7 dk @9.500rpm dan torsi puncak 14,4 Nm @8.000 rpm. Mesin ini dipadukan dengan perpindahan gigi 6 speed dan ditambah fitur Assist & Slipper Clutch. Assist merupakan teknologi yang bisa meringankan pengoperasian tuas kopling, sementara Slipper Clutch bertugas mencegah roda belakang mengunci saat dilakukan shift down (penurunan gigi) secara ekstrem.

Selain mesin,fitur juga sama sepertiyang ada di Vietnam, motor ini memakai Keyless, kemudian terpasang juga charger HP, kemudian tangki bahan bakar kapasitas 5,4 liter, yang diklaim bisa digunakan untuk menempuh jarak 265 km saat tangki terisi penuh. Motor ini juga dilengkapi dengan lampu hazard dan dibekali engie cut off sehingga lebih terasa motor bebek sportnya.

Motor ini menggunakan suspensi depan teleskopik dengan diameter lebih panjang (dari ukuran 90 mm jadi 100 mm, supaya bisa meredam guncangan lebih baik. Untuk pengereman cakram depan memakai dua piston anmun belum ABS seperti halnya di Vietnam, kemudian untuk rem belakang tetap mempertahankan rem cakram.

Di Malaysia terdapat 3 pilihan warna Phantom Grey, Arrow Blue dan Raging Yellow, dibanderol RM 10.888 MYR Ringgit Malaysia sama dengan Rp 38jutaan.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here