ARIPITSTOP.COM – Jumlah balapan MotoGP setiap musimnya semakin bertambah, kini Hongaria resmi menandatangani MOU dengan pihak Dorna sepakat menjadi tuan rumah MotoGP mulai musim 2023. Sirkuit baru akan dibangun mulai pertengahan tahun 2021 ini.

Hongaria sudah lebih dari 30 tahun absen menggelar balapan motor MotoGP. Dalam sejarahnya, Hongaria pernah menggelar kejuaraan dunia balap motor pada 1990 dan 1992 di Sirkuit Hongaroring. Sirkuit itu sendiri sampai sekarang masih dipakai untuk balapan Formula 1 (F1) sejak 1986.

Menjadi tuan rumah balapan MotoGP sebenarnya sudah direncanakan untuk mulai tahun 2022, namun akibat pendemi akhirnya rencana tersebut mundur satu tahun. Hongaria berencana membangun sirkuit baru di Debrecen, kota terbesar kedua di Hongaria setelah Budapest. Maka dari itu Dorna Sport selaku operator MotoGP akhirnya bertemu langsung dengan pemerintah Hongaria dan juga promotor di sana dan sepakat balapan MotoGP di Hongaria akan dimulai sedari 2023.

Pembangunan sirkuit akan dimulai pada kuartal kedua tahun ini dan diharapkanĀ MotoGP HongariaĀ akan menyemarakkan lagi olahraga balap motor di Eropa Tengah.

Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports: ā€œAkhirnya ini menjadi kenyataan, kami sangat senang karena di Hongaria ada banyak semangat untuk olahraga, Gabor adalah Juara Dunia dan dengan proyek ini lebih banyak orang Hongaria akan mulai datang ke Piala bakat dan di paddock kami, keinginan kami adalah menghadirkan yang terbaik untuk sirkuit – penonton, dampak ekonomi, memberikan liputan wilayah ini di seluruh dunia di TV – tetapi juga memiliki kemungkinan lebih banyak pengendara Hungaria di masa depan melalui Road to MotoGP.

ā€œSejak awal kami telah berhubungan dengan orang-orang yang membuat proyek, dan saya berada di wilayah tersebut dua tahun lalu. Apa yang terjadi di sana sangatlah istimewa. FIM mengikuti pekerjaan untuk homologasi, dan saya pikir sirkuit ini akan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. “

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here