ARIPITSTOP.COM – Pernahkah starter motor tidak bisa hidup?, rasanya pasti kesel karena menghidupkan motor harus pakai engkol. Mau tidak mau motor harus dibawa ke bengkel untuk diservis untuk menormalkan lagi sistem starternya. Kalau ada uang maka sparepart yang rusak diganti baru, tapi kalau lagi paceklik bagaimana?.

Kali ini saya mencoba kasih solusi buat para pemilik Honda Beat karburator yang sistem starternya bermasalah yang awalnya harus ganti CDI tapi justru tidak mengeluarkan biaya beli sparepart.

Jadi awalnya dibengkel Zona Speed kedatangan motor Beat Karburator yang tidak bisa dihidupkan memakai starter elektrik. Ketika tombol starter dipencet cuma bunyi “cetek-cetek-cetek”. Lalu kita cek bagian saklar tidak ada masalah, cek aki masih bagus 12volt, lalu cek bagian starter relay alias bendik juga masih bagus karena diganti pakai bendik lain tetap tidak bisa nyala. Akhirnya cek dinamo dengan cara dijumper dan akhirnya motor bisa hidup.

Saklar bagus, aki bagus, starter relay bendik juga bagus dan terakhir Dinamo juga bagus… apanya yang salah dong?

Salah satu keunikan di Honda Beat karburator itu memakai dua relay, yang pertama adalah starter relay yang biasa kita bilang sebagai bendik, lalu yang kedua masih ada satu relay starter lagi yang lokasinya jadi satu dengan CDI. Nach pada motor yang satu ini kebetulan yang rusak bagian relay di CDI, mau starter elektriknya hidup mau tidak mau harus ganti baru CDI, padahal hanya relay starternya saja yang rusak. Lalu berapa harga CDI baru?, lumayan sampai 390ribuan untuk yang asli. Waduh… lumayan ya, kalau lagi paceklik gimana?, gampang ini triknya.

Pertama, lepas kabel warna kuning setrip hijau dari soket CDI yang berwarna coklat

Kedua, potong kabel warna kuning setrip merah dan merah setrip hitam di soket bendik.

Ketiga, sambungkan kabel merah-hitam ke terminal negatif di aki

Keempat, sambungkan kabel dari CDI tadi ke kabel warna kuning setrip merah.

lebih detail bisa cek di video dibawah ini:

10 KOMENTAR

  1. Punyaku kemaren juga gitu, sein lancar, klakson nyaring, tapi stater cetek2. Udah was2 kalo beginian nya yg rusak ato dinamo yg rusak. Beruntung, ternyata cuma minta ganti aki.

    • Pastikan kabel kuning dan merah yg di dudukan bensik jgn salah jalur, yg disambungkan yg ke soket rumah bendik jgn ke kabel bodi utama, lalu Kabel yg diputus di rumah bendik yg nganggur harus disolasi, warna kuning dan merah yg menuju ke kabel bodi utama.
      Kalau sesuai jalur tersebut seharusnya tidak konslet,

  2. Saya lakuin ini berhasil tapi motor kadang dinomo stater bunyi terus walaupun kunci kontac di cabut jadi harus putusin kabel aki baru berhenti gimana ya solusinya mohon peneranganya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini