ARIPITSTOP.COM – Gempa sangat besar terjadi di Jepang pada hari Sabtu 13/02/2021, gempa bumi berkekuatan berkekuatan 7,3 magnitudo melanda Fukushima, Jepang pada pukul 23.00 malam waktu setempat. Badan Meteorologi Jepang melaporkan gempa terjadi pada kedalaman 60 kilometer. Akibat gempa dahsyat ini merusak salah satu sirkuit ikonik dan legendaris di Jepang yaitu Sirkuit Ebisu yang sebagian treknya mengalami keretakan bahkan tertimbun longsor.

Terletak di Nihonmatsu bagian dari Prefektur Fukushima, Sirkuit Ebisu adalah rumah bagi balap drifting dan karting. Ebisu, yang merupakan kompleks drifting yang dibangun khusus di pegunungan Jepang Utara. Dirancang oleh legenda drifting Nobushige Kumakubo, kompleks Ebisu terdiri dari tujuh trek dan dua skid pad.

Akibat dari gempa besar, sebagian bukit di salah satu sudut sirkuit mengalami longsor cukup besar. Longsor yang terjadi di Sirkuit Ebisu, yang berlokasi di kota Nihonmatsu, Prefektur Fukushima membuat sirkuit tidak bisa digunakan dalam waktu dekat. Dikutip NHK, salah satu dari tujuh jalur rusak, tertutup material longsor, dan beberapa ruas aspal telah retak. Beruntung tidak ada orang yang terluka dalam peristiwa tersebut.

Ini bukan pertama kalinya bencana melanda lintasan. Pada tahun 2011, menyusul gempa berkekuatan 9,0 SR yang menyebabkan kerusakan lebih besar, sirkuit juga terkena dampak serupa, dengan beberapa mobil drift terkubur.

Sementara itu, trek Sugo di utara Jepang dilaporkan lolos dari kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 7,3 magnitudo. Twin Ring Motegi, yang terletak di selatan Fukushima di prefektur Tochigi, juga dilaporkan terhindar dari kerusakan.

Dilansir dari intersport.id, Kompleks Ebisu Sirkuit memiliki 7 trek individual ditambah 2 sirkuit Skidpad. Berikut nama nama sirkuit yang ada di komplek Ebisu, Nishi pada bagian Barat, Kita pada bagian Utara, Higashi pada bagian Timur, Minami pada bagian Selatan, serta Drift Land, Kursus Sekolah, jalur pegunungan atau biasa di sebut The Touge dan ‘KuruKuru Land’ yang merupakan skidpad.

Sirkuit yang paling terkenal adalah jalur Minami di bagian Selatan yang digunakan untuk D1 dan acara drifting lokal maupun internasional lainnya. Sirkuit Higashi di bagian Timur memiliki track lurus utama sepanjang 420 meter dengan 20 garasi paddock di lantai dasar dan biasa digunakan untuk trackday atau balap grip.

Dirancang dan dibangun oleh Drifter Nobushige Kumakubo, Sirkuit Ebisu adalah salah satu sirkuit berbasis drifting yang di dunia. Namun, di Nobushige juga mengadakan event balapan serta acara olahraga motor lainnya termasuk Endurance Races, FJ1600 Races dan pada tahun-tahun sebelumnya. Kompleks ini juga memiliki taman Safari fasilitas Sirkuit Ebisu sebenarnya ‘digabungkan’ dengan Taman Safari Tohoku, jadi komplek sirkuit Ebisu ini benar-benar taman hiburan untuk otomotif dan kebun binatang, di beberapa tempat sekitaran komplek Ebisu sirkuit kita dapat menemukan beberapa mobil wisata dengan livery hewan hewan.

Kita bisa datang ke Sirkuit Ebisu setiap hari untuk liburan bertema otomotif, menikmati pemandangan Sirkuit Ebisu, atau hanya mennton acara yang sedang berlangsung di Ebisu. Tetapi jika kita ingin mencoba menjadi pembalap, kita benar-benar perlu pergi ke sana untuk mencoba lintasan Ebisu sirkuit Sebagai seorang pengemudi, salah satu acara drift terkenal di jepang yang diselengarakan di Ebisu adalah Drift Matsuri triannual dan D1GP di Minami adalah salah satu acara drift paling popular yang yang di rekomendasikan oleh beberapa petrolhead.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here