ARIPITSTOP.COM – MotoGP pembuka di Qatar juga terancam dibatalkan, pandemi virus Corona jilid kedua di Qatar membuat Pemerintah Qatar kembali memperketat pintu masuk ke Qatar. Jika Qatar dibatalkan kemungkinan sirkuit Jerez kembali menjadi sirkuit pembuka musim 2021.

Selain Amerika, Argentina dan menyusul Thailand, kini Sirkuit Losail Qatar juga terancam batal. Pasalnya Qatar sedang merasakan gelombang kedua penyebaran virus corona. Tadinya negara ini bisa menekan angka positif menjadi hanya rata-rata 200 per hati. Tapi kini angka positif harian kembali meninggi ke 1.800 per hari dengan catatan Qatar hanya negara berpenduduk 2,6 juta jiwa! Ini jelas angka memprihatinkan. Tentu saja otoritas setempat bakal berpikir ulang untuk memberikan pintu masuk ke Qatar untuk rombongan MotoGP yang berkisar 1500.

Sebenarnya Dorna sudah menjadwalkan tes pra musim dan dua balapan di Qatar, seharusnya pada 5 Maret 2021, akan ada shakedown test untuk test rider dan pembalap rookie. Lalu pada 6-7 Maret 2021, akan ada tes resmi pertama, disusul tes resmi kedua pada 10-12 Maret 2021 dan pada 28 Maret dan 4 April akan ada double header balapan di sirkuit Losail, Qatar.

Dilansir dari Corsedimoto, CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta terus berkomunikasi dengan otoritas di Qatar sembari menyiapkan Plan B atau rencana cadangan. Plan B tersebut adalah menggelar sesi tes pramusim di Eropa dan kembali mengandalkan Sirkuit Jerez, Spanyol. Lalu Portimao bakal berstatus seri perdana di 18 April.

Bahkan kabar ini juga diamini oleh Alex Rins, pembalap Suzuki Ecstar ini mengatakan jika kemungkinan seri pembuka musim 2021 akan kembali diadakan di sirkuit Jerez.

“Setelah semua tes di trek yang sama, aku mengira balapan akan lebih seimbang. Tapi, sebulan di sana sebenarnya akan sangat baik. Karena suhunya sangat menyenangkan,”

“Tapi sejujurnya aku tak yakin kejuaraan akan dimulai di sana, mereka bilang kemungkinan akan dimulai di Jerez, tapi kenyataannya masih belum diketahui,” ungkap Rins dilansir dari Paddock-GP.com.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here