ARIPITSTOP.COM – Motor mau ditinggal lama atau lama nganggur di rumah tidak pernah dipakai?, jangan asal dianggurin saja karena bisa terjadi seperti pada motor yang satu ini. Selama 3 tahun tidak dipakai sama sekali hingga akhirnya tangki karatan sampai fuelpump macet.

Bengkel Zona Speed ceritanya kedatangan satu motor Mio M3 dalam kondisi Mogok, motor ini tidak pernah dipakai selama 3 tahun. Setelah kita cek ternyata kondisi di dalam tangki sudah penuh dengan karatan makanya motor tidak bisa dihidupkan terlebih akinya juga soak.

Kemudian kita bongkar bagian tangkinya dan hasilnya… ada bensin yang sudah basi mengakibatkan tangki menjadi karatan bahkan fuelpump juga ikut karatan sehingga fuelpump menjadi macet.

Bensin yang terlalu lama diam akan menjadi basi, bensin yang bisa basi ini sudah saya bahas di artikel dahulu (klik disini). Motor yang sampai 6 bulan tidak dipakai, maka bensin di dalam tangki biasanya sudah mulai basi, motor akan brebet ketika dihidupkan dan semakin lama apalagi sampai satu tahun, bensin sudah basi dan sudah tidak bisa buat menghidukan motor. Jika bensin basi ini terus didiamkan, akan berubah menjadi karatan… contohnya seperti pada motor Mio M3 ini yang selama 3 tahun dianggurkan dalam kondisi tangki ada bensinnya.

Setelah tangki dibongkar, dalamnya penuh karatan yang sudah tebal, maka mau tidak mau tangki ini harus diganti dengan yang baru, kemudian fuelpump juga ikut ganti baru, tak ketinggalan aki juga ganti baru. Motornya alhasil bisa nyala lagi…

Motor yang akan ditinggal lama sebaiknya bensin di dalam tangki dikuras terlebih dahulu agar tidak menimbulkan karatan. Akan lebih aman ketika tangki dalam keadaan kosong, resiko tangki karatan menjadi minim dan kondisi fuelpump juga aman.

Lalu bagaimana dengan aki?, lebih baik juga kabel terminal dilepas agar aki tidak ada resiko beban, meski sebenarnya aki yang dalam kondisi lama didiamkan semakin lama tegangannya tetap akan turun, bahkan bisa soak kalau tidak dipakai bertahun2.

Berikut video kondisi motor yang lama tidak dipakai. klik disini

Advertisements

2 KOMENTAR

  1. itu yg punya motor salah beli di kira itu beat eh ternyata bukan … makanya ga di pake2 dr awal beli ….
    wkwkwkwk ….. piss kang ✌️

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here