ARIPITSTOP.COM – Repsol Honda sudah melakukan test duluan untuk mempersiapkan balapan MotoGP 2021, pengujian motor protoype RC213V 2021 dilakukan oleh Stefan Bradl sebagai pembalap penguji yang diisukan akan kembali menjadi pembalap pengganti Marc Marquez di awal musim 2021. Lalu apa perubahan sementara yang terjadi pada motor Honda RC213V 2021?.

Stefan Bradl mengetes motor RC213V yang sudah dimodifikasi di bagian rangka, elektronik, dan perubahan aerodinamis. Sementara untuk mesin, tidak ada pengembangan, sebagaimana diberlakukan MotoGP akibat pandemi corona. Dorna memutuskan untuk musim 2021 tetap memakai spek mesin yang sama seperti musim 2020 khusus untuk tim non konsesi seperti Honda. Bukan cuma mesin saja, karena MotoGP juga membekukan pengembangan bagian Ban untuk balapan musim 2021.

Pembalap asal Jerman ini baru menyelesaikan lima lap memakai ban basah. Bradl menjajal motor pada saat suhu sedang dingin setelah diguyur hujan. Meski hanya 5 lap, dari sinilah sedikit terungkap beberapa perubahan yang terjadi di motor Marc Marquez dan Pol Espargaro untuk musim 2021.

Bagian knalpot, Stefan Bradl tercatat dua kali mengetes jenis knalpot yang berbeda, yang pertama dengan desain moncong jauh lebih penjang kebelakang kemudian selongsongnya lebih langsing. Untuk pengetesan selanjutnya memakai knalpot pendek lagi seperti pada musim lalu.

Perubahan lainnya pada bagian rangka, sepertinya pengembangan rangka di musim 2020 lalu sudah fix akan dipakai untuk musim 2021 ini, terlihat dari bagian rangka yang sudah tidak ada tambalan las-lasannya. Di musim 2020 terlihat ada beberapa sambungan las-lasan sebagai bagian dari perubahan setiap pengembangan rangka ketika musim berjalan.

Lanjut perubahan bagian Swing arm yang diikuti dengan Mud Guard yang terlihat lebih besar, motor yang ditest Stefan Bradl menggunakan sistem pengereman roda belakang dengan ventilated disk dan juga sistem pendingin kaliper yang mengalirkan angin dari sisi bawah dari swingarm.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here