ARIPITSTOP.COM – Pemerintah Malaysia sedang menggodok peraturan bagi para pemotor yang masih berusia muda alias remaja, dalam wacananya nanti para remaja hanya boleh naik motor maksimal yang memiliki kapasitas 70cc saja, jadi jangan harap akan ada remaja dengan enaknya naik motor apalagi naik moge.

Berawal dari semakin meningkatnya angka kecelakaan yang datang dari pemotor terutama pemotor muda, Departemen Transportasi Jalan Malaysia mengusulkan untuk membatasi usia pengendara motor.

Dirjen Departemen Transportasi Jalan Malaysia, Datuk Zailani Hasyim, menjelaskan alasan pihaknya ingin mengajukan regulasi baru untuk masyarakat yang naik motor, terlebih bagi para remaja.

“Usulan itu dibuat karena meningkatnya jumlah kecelakaan dan kematian yang melibatkan pengendara sepeda motor bertenaga tinggi yang melibatkan pemuda berusia antara 16-20 tahun,” jelas Zailani, melansir Paultan.

Namun kabarnya usulan pembatasan usia ini sudah diajukan sejak tahun 2019 silam. Saat itu, Divisi Investigasi dan Penegakan Lalu Lintas Bukit Aman, Bakri Zainal Abidin, memaparkan dalam laporannya saat rapat umum tahunan Road Safety Council 2019 lalu. Ia menyoroti agar undang-undang lalu lintas harus dipertimbangkan ulang untuk pembuatan lisensi bagi remaja.

“Undang-undang baru harus dipertimbangkan dalam waktu lima tahun untuk kelas lisensi baru bagi remaja, di mana mereka hanya akan diizinkan mengendarai sepeda motor berkapasitas mesin kecil atau sepeda motor listrik bertenaga rendah,” ujar Bakri.

Tentu ini menjadi yang positif, karena akan ada usia penjengjangan agar pemotor usia muda akan lebih mengenal lebih dalam terlebih dahulu mengenai segala peraturan yang ada di jalanan serta mengatur tingkat emosional. Peraturan seperti ini sebenarnya bagus juga kalau diterapkan di Indonesia.

Advertisements

9 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here