ARIPITSTOP.COM – Pembalap bayaran alias Pay Rider sudah tidak asing lagi dunia balapan terutama di MotoGP, seorang pembalap bukannya dibayar oleh tim yang menaunginya namun justru harus membayar demi bisa membalap dengan tim tersebut. Namun jika seorang pembalap yang sudah dikontrak oleh sebuah tim namun kontrak tersebut akhirnya dibatalkan karena masuknya seorang Pay Rider, tentu sangat menyedihkan, inilah yang dialami oleh Alonso Lopez.

Di kelas MotoGP sendiri sebenarnya sudah tidak asing dengan istilah Pay Rider, tentunya kita tahu sepak terjang Tito Rabat yang dijuluki “Sultan MotoGP” karena harus membayar kepada Reale Avintia Racing. Seorang pembalap yang wajarnya digaji justru harus membayar kepada tim demi bisa balapan.

Pay Rider memang dinilai sangat menguntungkan bagi sebuah tim yang sedang mendapatkan masalah keuangan, dan hal inilah yang dirumorkan terjadi pada tim milik pembalap kawakan Max Biaggi.

Alonso Lopez melempar kritik tajam kepada enam kali juara dunia, Max Biaggi, yang memutuskan mendepaknya dari Sterilgarda Max Racing Team Moto3 2021. Bersama Romano Fenati, Lopez tadinya sudah tanda tangan perpanjangan kontrak dengan tim Biaggi untuk 2021. Namun, usai Tahun Baru, Lopez secara menggemparkan didepak dan bakal digantikan oleh Adrian Fernandez, adik dari rider Red Bull KTM Ajo Moto2, Raul Fernandez.

Menurut Motosan, tim Biaggi mengalami masalah sponsor, hingga harus mengambil keputusan lain yang berisiko, yakni mendepak Lopez dan menggaet Fernandez yang bisa membawa sponsor potensial.

Alonso Lopez sangat kesal dan meluapkan kekecewaannya lewat akun Instagramnya @alonsolopez_21: “Seperti banyak dari Anda yang sudah mengetahui, tahun depan saya tidak akan melanjutkan kejuaraan dunia bersama @max_racing_team. (Meski) Memiliki kontrak untuk tahun depan, tetap membuat saya tidak punya tim di bulan Desember karena pembalap yang datang dengan uang.”

“Ini bukan akhir dari akhir saya. Saya akan berusaha memberikan segalanya di mana pun saya berada untuk terus maju dengan impian saya. Terima kasih banyak atas semua pesan dukungan yang saya terima kemarin.”

Kejadian ini juga mendapatkan perhatian khusus dan keprihatinan dari para pembalap termasuk dari beberapa pembalap MotoGP seperti Joan Mir, Alex Rins, Aleix Espargaro, dan berbagai pembalap Moto2-Moto3 yang memberikan dukungan untuk Lopez.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here