ARIPITSTOP.COM – Balapan MotoGP di Indonesia sudah dinantikan oleh banyak orang, antusiasme dari warga Indonesia yang sudah terlalu tinggi bahkan dari dukungan besar juga datang dari para pembalap MotoGP yang sudah tidak sabar menggeber motornya didepan fans Indonesia. Sirkuit Mandalika disebut bisa menggelar balapan MotoGP 2021 asalkan semuanya siap, dari pembangunan sirkuit hingga infrastruktur pendukung lainnya, pihak Dorna-pun memberikan tenggat waktu jika MotoGP 2021 bisa digelar di Indonesia.

Indonesia saat ini memang belum masuk dalam daftar kalender balap MotoGP 2021, akan tetapi Indonesia masuk dalam daftar 3 cadangan sirkuit jika ada sirkuit yang dibatalkan. MotoGP di laman resminya itu mengatakan, Indonesia memang diposisikan sebagai salah satu venue cadangan. Itu berarti pengaturan waktu penyelenggaraan MotoGP Indonesia sangat bergantung pada trek yang sedang diselesaikan dan faktor lainnya seperti pembatalan jadwal sirkuit lain serta kesiapan cadangan dua sirkuit lainnya. Selain itu, sirkuit yang tengah dibangun itu juga harus melalui proses homologasi dan pengujian.

MotoGP Indonesia kemungkinan besar bisa dilangsungkan pada akhir pekan sebelum GP Sepang 2021. CEO Dorna pun memberikan tenggat waktu jika Indonesia ingin menggelar balapan.

“Orang Indonesia harus memberi tahu kami pada bulan Juni (2021) apakah mereka dapat mengadakan Grand Prix di musim gugur,” kata Ezpeleta dikutip Speedweek.

Sebelumnya, Ezpeleta mengatakan, ada tiga hal yang harus menjadi fokus Indonesia dalam mempersiapkan diri menggelar MotoGP.

“Fokusnya harus pada konstruksi, homologasi serta pengujian, terutama karena ini adalah sirkuit jalanan yang baru. Seperti yang disebutkan, ada kemungkinan bahwa perubahan akan terjadi pada Kalender Sementara dan setelah kami memiliki gambaran yang lebih jelas, tentu saja tergantung pada konstruksi dan pengujian, kami dapat mulai mendiskusikan kemungkinan tanggal untuk Grand Prix pada tahun 2021,” kata Ezpeleta dikutip dari laman resmi MotoGP.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here