ARIPITSTOP.COM – Satu unit motor Vario 150 alami kebakaran di bagian batok stangnya, terlihat Speedometer dan cover yang membungkus stang semuanya meleleh akibat terbakar, kebakaran ini terjadi setelah motor dicuci steam, kenapa bisa terbakar?.

Motr Vario merah ini terlihat meleleh di bagian batok stang, menurut pemilik motor yang mengunggahnya di grup facebook, mengatakan jika kronologinya, motor dicuci steam namun setelah didiamkan beberapa saat, motornya ngebul mengeluarkan api, beruntung langsung ketahuan dan api berhasil dikendalikan.

Kenapa motor bisa terbakar setelah dicuci steam?, ada beberapa faktor yang tentunya berhubungan dengan kelistrikan. Seperti kabel body yang digigit tikus, kabel body yang digigit tikus akan terkelupas, kalau tidak putus dan hanya terkelupas inilah yang berbahaya.

Jika kabel yang putus akibat digigit tikus maka akan ada beberapa sistem kelistrikan yang tidak berfungsi atau mati. Tapi kalau hanya digigit dan terkelupas kabelnya, ini yang bisa mengakibatkan konslet atau percikan api karena sistem kelistrikan terus berjalan dengan kondisi kabel terbuka dan membuat percikan api.

Selain digigit tikus, soket kabel yang kendor juga sangat berpengaruh terhadap kebakaran di motor, soket yang kendor akan menimbulkan percikan api atau membuat soket gosong meleleh yang semakin lama semakin panas dan membuat kebakaran.

Lalu modifikasi kelistrikan, hati2 kalau modifikasi kelistrikan, jangan asal sambung dan jangan asal pakai kabel kualitas rendah. Kalau penyambungan bagus tapi kualitas kabel jelek maka kabel tidak kuat menghantarkan listrik yang semakin lama akan panas dan menimbulkan kebakaran.

Sambungan kabel yang asal main potong apalagi setiap sambungannya tidak dibungkus sempurna pakai selotip dll maka bisa juga menimbulkan percikan api.

So… hati2 soal kelistrikan…

Advertisements

4 KOMENTAR

    • Kalau kasus kabel terkelupas dan tidak sepenuhnya menempel dengan lawan(-/+) , sekring tidk putus justru bahaya disini karena membuat kabel jadi panas dan makin lama gosong, kecuali klo kabel langsung nempel antara – dan + maka sekring akan putus

  1. Saya jg pernah lihat sendiri vario 150 terbakar batoknya saat diparkir agak lama tiba2 keluar asap putih pekat dan banyak kemudian keluar api dari batok stang, posisi kunci jg off

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here