ARIPITSTOP.COM – Pagi-pagi hari jam 7 bukan waktunya ngopi, tapi justru disuruh riding merasakan impresi motor matic yang baru saja dirilis oleh Suzuki Indonesia, bertempat di kawasan Kota Wisata Cibubur, deretan Nex Crossover sudah siap diajak blusukan oleh media dan blogger di aspal dan tanah lapang meski cuma sebentar saja namun bisa merasakan motor yang bisa digunakan serba bisa.

Melihat pertama kali Nex Crossover secara langsung, motor ini mirip banget plek ketiplek dengan Suzuki Nex II, namun dengan beberapa perbedaan seperti di bagian stang dan kaki-kaki. Stang telanjang dengan perubahan gorund clearence menjadi lebih tinggi akibat perubahan bagian sokbrekernya.

Suzuki Nex Crossover berbasis desain serta mesin dari Suzuki Nex II, mesin SEP (Suzuki Eco Performance) 115cc, 1-cylinder, SOHC (Single Over Head Camshaft) dan teknologi FI (Fuel Injection) yang telah dirancang khusus untuk memadukan performa terbaik dengan efisiensi konsumsi bahan bakar yang hemat. Mesin pun mudah dinyalakan berkat teknologi Suzuki Easy Start System, yang juga telah digunakan pada model sepeda motor Suzuki lainnya.

Intip bagian stang, terlihat dibalut dengan warna hitam namun akan terlihat berbeda lekukannya dibandingkan punya kompetitor. Stang Nex Crossover terlihat bagian lekukan tengahnya agak panjang, memberikan ruang speedometer digital yang paling besar diantara kompetitor.

Bagian Speedometer sudah full digital, bahkan dari segi fitur paling banyak diantara para kompetitor. Speedometer ini selain membaca kecepatan dan jarak tempuh, ada tampilan kapasitas bahan bakar, voltase aki, indikator sistem FI, indikator lampu bahkan sudah dilengkapi jam.

Karena memakai Speedometer full digital, ada perubahan di bagian kabel speedometernya, jika Nex II masih manual memakai gear box yang terpasang di roda depan lalu terhubung dengan selongsong kabel kawat menuju speedometer, untuk Nex Crossover dilengkapi dengan sebuah sensor kecepatan yang diletakkan di gardan bagian roda belakang.

Lanjut bagian bodi, tidak ada lekukan yang beda dengan Suzuki Nex II, dari cover2 bodi lampu depan sampai lampu belakang hingga bagian isi dari bagasi. Oiya… karena berbasis mesin dan bodidari Suzuki Nex II, maka aksesoris dari Suzuki Nex II bisa terpasang juga di Nex Crossover seperti lampu LED yang dijual terpisah oleh Suzuki.

Intip bagian kaki-kaki, motor ini memakai ukuran velg dan ban yang sama dengan Nex II namun berbeda dengan jenis bannya yang memakai ban semi dual purpose. Ban tubeles dengan ukuran 80/90-14 untuk depan dan ukuran 90/90-14 untuk yang belakang.

Menarik melihat bagian kaliper rem cakram depan yang dicat warna merah, jadi semakin mencolok. Untuk rem belakang masih memakai rem tromol.

Lalu bagian sok belakang terlihat lebih tinggi dibandingkan dengan Nex II, ulir per yang dicat warna merah juga lebih renggang. Dari perbedaan ketinggian sok belakang ternyata berpengaruh dengan ground clearance yang tertinggi di kelasnya yaitu sampai 150 mm, sehingga Suzuki Nex Crossover akan terasa lebih mantap dan meyakinkan untuk dibawa berpetualang kemanapun tanpa rasa khawatir.

Lanjut ketika diatas tongkrongan Nex Crossover, dengan tinggi badan 172cm dan bobot yang kini turun 5 kg menjadi 67 kg. Riding position terasa pas dan nyaman bahkan lekukan disiku ergonominya terlihat pas banget terlihat enak buat riding jarak jauh.

Meski ground clearance naik, nyatanya kaki tetap menapak sempurna, bagian kaki saat riding memang terlihat menekuk 90″ tapi asiknya motornya ini bisa memilih beberapa pijakan buat kaki kalau tanpa boncenger.

Tarikan motor cukup agresif mau di tanah ataupun di aspal, ban dual purposenya tidak selip ketika diajak ngepot di tanah kering. Ada gundukan dan tanjakan tanah juga dengan santai dilibas. Nex akan saya bahas sesi tes riddle secara terpisah kalau unitnya sudah ada di rumah😛😁.

Dengan pilihan dua warna Stronger Red-Titan Black dan Solid Black., Suzuki Nex Crossover dibanderol dengan harga Rp 17.990.000.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here