ARIPITSTOP.COM – Setelah Seri MotoGP Ceko resmi dibatalkan oleh Dorna, kini rumor kuat beredar kalau dua seri di daratan benua Amerika terancam batal akibat pandemi dan masalah financial. Jika keduanya batal, maka peluang Indonesia untuk menggelar MotoGP semakin besar.

Sebelumnya pihak Dorna sudah merilis jadwal MotoGP 2021, dan indonesia masuk dalam daftar cadangan bersama Portugal dan Rusia. Seri Ceko sudah resmi dibatalkan akibat masalah financial, maka tersisa dua tempat cadangan tersisa meski belum ada rilis resmi dari Dorna.

Kemudian, dilansir dari Speedweek, MotoGP Argentina dan MotoGP Amerika Serikat di Texas, dikabarkan terancam batal.

MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit Austin, Texas, dalam ancaman setelah kembali meningkatnya kasus positif virus corona di wilayah tersebut dengan munculnya 21.964 kasus baru pada Kamis (17/12). Total sudah ada 25.078 kasus kematian virus corona di Texas.

“Berdasarkan penilaian yang ada, MotoGP Amerika Serikat tidak akan digelar pada [18] April 2021. Dikarenakan pandemi, diyakini tidak ada event besar yang akan mendapat izin hingga saat itu,” tulis Speedweek.

MotoGP Argentina juga diklaim Speedweek dalam ancaman. Pasalnya hingga saat ini promotor di Argentina belum membayar event fee karena ketidakpastian situasi. Jika pembayaran tidak dilakukan hingga Januari 2021, maka balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada 11 April mendatang tidak akan terjadi.

Dengan MotoGP Ceko dipastikan batal, ditambah GP Argentina dan Amerika Serikat dalam ancaman, maka ketiga seri cadangan berpeluang masuk kalender 2021, termasuk MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika.

“Apakah balapan di luar Eropa bisa digelar pada musim gugur akan ditentukan pada Juni atau Juli. Sirkuit Internasional Mandalika bisa menggantikan posisi event yang batal,” tulis Speedweek.

Namun, beberapa waktu yang lalu pihak Dorna juga mengatakan jika bisa saja kalender 2021 akan berjalan seperti musim 2020, dimana dalam satu sirkuit menggelar dua seri balapan. Bahkan seri perdana di Qatar dikabarkan akan berlangsung dua seri.

2 KOMENTAR

  1. Ayoo Indonesia, jangan kalah ama sesama negara Asean (Malaysia & Thailand) yg udah duluan punya sirkuit MotoGP.

    Ayoo menangin persaingan sama Rusia dan Portugal.

    Btw Mandalika udah sampe mana yaa progressnya sirkuit dan sarana pendukungnya?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini