ARIPITSTOP.COM – Negara Matahari Terbit sudah mulai mempersiapkan untuk mulai menghentikan penjualan kendaraan berbahan bakar minyak, melansir NHK pada Jumat (4/12/2020), sejumlah sumber menyebut Kementerian Perekonomian Jepang ingin mengalihkan penjualan kendaraan yang sepenuhnya menggunakan bahan bakar minyak dengan kendaraan alternatif seperti mobil hibrida, listrik, dan tenaga sel.

Bukan cuma Jepang, Inggris juga akan melarang penjualan baru kendaraan bensin dan diesel pada tahun 2030, kendaraan hibrida juga akan dilarang pada tahun 2035. Tentunya upaya tersebut dilakukan untuk untuk mengatasi isu-isu lingkungan, seperti polusi udara dan menipisnya energi minyak bumi.

Bahkan di Norwegia, yang paling awal menerapkan ini dan berupaya melarang penjualan kendaraan bahan bakar fosil, baik baru maupun lama, pada tahun 2025.

Adanya intervensi negara untuk menurunkan emisi karbon memicu perlombaan teknologi di antara pabrikan otomotif terkait kendaraan ramah lingkungan untuk memikat calon konsumen.

Jepang yang merupakan kiblat otomotif mau tidak mau negara yang dijajaki pabrik otomotif dari Jepang pastinya juga harus bersiap2 dengan segala perubahan yang terjadi, meskipun tetap hal itu sesuai dengan peraturan masing2 negara, misalnya Indonesia yang masih tergolong longgar soal peraturan pembatasan emisi gas buang.

Indonesia tentunya harus siap dengan segala perubahan perkembangan otomotif di dunia, meskipun tergolong lamban dalam menentukan kebijakan soal emisi gas buang.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini