ARIPITSTOP.COM – Ngilu ketika mendengar suara mesin Yamaha Lexi 125 yang satu ini, suaranya sudah seperti Helicopter mau terbang, dan yang lebih seram lagi ketika membaca informasi yang dishare oleh sang pemilik motor, wajar saja kalau mesinnya jadi ambrol, ganti oli mesin setiap 5/6ribu km sekali.

Meski tidak paham tentang motor, minimal sebagai pemilik motor harus tahu informasi mengenai jadwal perawatan motornya, seperti kapan waktunya servis atau kapan waktunya ganti oli mesin. Tidak tahu soal motor tapi tahu tentang dua informasi diatas, maka motor layak untuk dipakai.

Berbeda dengan pemilik motor Yamaha Lexi yang satu ini, ganti oli mesin kok setiap 5-6 ribu km, ya suda pasti jebol mesinnya. Dari pabrikan saja anjuranya maksimal 4rb km, dan paling aman sebenarnya ganti setiap maksimal 2 ribu km saja. Ingat bro… motor Yamaha jaman sekarang terkenal vampir oli, jangan sampai ganti oi mesin lebih dari 2rb km kalau mau aman.

Motor butuh pelumasan yang maksimal, jika penggantian oli mesin diabaikan maka motor tidak akan nyaman dipakai. Jika kurang paham mengenai perawatan motor, kita bisa kok manfaatkan HP kita untuk mencari informasi melalui google, atau untuk lebih jelas langsung bertanya saja sama mekanik di bengkel.

Dilihat dari jumlah kilometernya, motor Lexi ini menjadi motor pekerja keras juga… dalam 1,5 tahun sudah jalan sampai 42 ribu km.

Pengetahuan tentang  perawatan wajib diketahui oleh semua pemilik kendaraan. Minimal ketika membeli motor baru kita harus baca buku panduan servisnya yang kita dapatkan ketika membeli motor baru.

Entah kenapa jaman sudah mileneal seharusnya mencari informasi sangat mudah, tapi masih ada pemilik motor yang tidak paham dengan motornya sendiri.

Belum paham mengenai Buku panduan servis buat pemilik motor?, sudah pernah saya jelaskan di artikel lama, bisa klik disini. 

Kalau mau cari informasi mengenai oli mesin habis, search aja atau cari saja di kolom pencarian di blog ini yang ada di sebelah atas kanan/kiri, kemudian ketik “oli mesin habis”, semua artikel mengenai kehabisan oli akan terlihat disitu.

Sekali lagi untuk urusan penggantian oli mesin baik itu merk terkenal atau oli asli dari ATPM tetap saya sarankan maksimal 2ribu km saja meskipun pihak pabrikan meng-klaim oli mesin bisa tahan sampai 3ribu km dan untuk motor yang jarang dipakai maksimal 3 bulan pemakaian meskipun motornya ngganggur, hanya untuk jaga2 agar kondisi mesin tetap awet akslerasi motor tetap moncer… lebih baik setiap bulan ambil jatah 40ribu buat ganti oli mesin daripada ngeluarin dwit sampai satu jutaan gara2 oli mesin yang harganya cuma 40ribu tapi efeknya dahsyat…!!!

 

Video bisa diklik disini

12 KOMENTAR

  1. Lek ari maaf sebelumnya , ini artikelnya gantung amat. Kurang lengkap penjelasannya, jadi kayak cuma sekedar repost aja dari status fb digrup. Gak memberi info lebih lanjut, atau hal2 informatif lainnya yang mungkin bisa berguna untuk pembaca. Terima kasih

    • terima kasih masukanannya akan menjadi rujukan artikel selanjutnya
      , untuk artikel perawatan apalagi mengenai oli habis, sudah buanyak banget di blog ini, bisa di search aja di kolom pencarian “oli mesin habis”

  2. Beat paling tua saya rata rata saya ganti 7ribuan nyampai sekarang Alhamdulillah belum keluar penyakitnya, sehat wal’afiat, ke bengkel juga jarang memang saya pemakai jorok, tapi motor tidak penyakitan turun mesin juga belum cuma ganti roller dan venbetl

    • hahah mesti pke oli pabrikann, ganti dong sama olo pcmo atau hdeo baru mantul 5000-6000 km + moly ep masih moncerrr, tangan kanan ga sekolah padahal
      wkwkwkwkwkwj

  3. BETUL AKU AJA PAKAI LEXI 2000 AKU GANTI OLI MEMANG PERJALAN JAUH 2 TAHUN SUDAH 40.000an km sudah turun mesin 2x dan ganti noxcel 3 x serasa nyesal

  4. BETUL AKU AJA PAKAI LEXI 2000 AKU GANTI OLI MEMANG PERJALAN JAUH 2 TAHUN SUDAH 40.000an km sudah turun mesin 2x dan ganti noxcel 3 x serasa nyesal bunyi kaya holi kopter dan setiap sebulan sekali kambuh harus ganti noxel awalnya kehabisan oli sudah turun mesin dan di ganti sma blok2nya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini