ARIPITSTOP.COM – Nonton balapan MotoGP ternyata sedikit menjadi kontroversi, antara mau menonton langsung di sirkuit atau lebih nyaman ketika nonton melalui TV di rumah atau nobar. Tentu saja ada segi sisi yang kurang atau segiyang memuaskan dari kedua cara menonton balapan tersebut, terutama suasana ketika balapan berlangsung, namun bagi para pecinta otomotif terutama balapan, sepertinya lebih memilih nonton langsung di sirkuit, mendengar merdunya geberan motor2 balap rasanya tidak ada duanya.

Indonesia sudah masuk jadwal kalender balapan MotoGP, meskipun untuk di musim 2021 masih mengambang karena baru masuk sebagai cadangan, namun untuk musim 2022 semoga sudah pasti menjadi jadwal permanen. Balapan MotoGP di sirkuit Mandalika nantinya diprediksi akan menjadi balapan yang mendatangkan penonton terbanyak di dunia, hal ini bisa dilihat dari antusiasme para penggemar MotoGP di Indonesia yang begitu besar. Sudah terlalu lama warga Indonesia pecinta roda dua menginginkan balapan MotoGP kembali datang ke Indonesia, kalau diibaratkan itu seperti “jerawat mau pecah”.

Selama ini kita lebih banyak menonton balapan MotoGP melalui siaran langsung di TV saja, nggak mau suasana lain?, pasti semua menginginkan itu. Saya sendiri sebagai owner dari Aripitstop.com sudah beberapa kali menonton balapan MotoGP secara langsung, sudah ada tiga sirkuit yang saya datangi yaitu Sepang Malaysia, Chang di Thailand lalu sirkuit Motegi Jepang.

Tepat tahun yang lalu, saya bersama beberapa blogger dan media diajak oleh Suzuki Indonesia untuk meliput acara MotoGP di sirkuit Motegi Jepang. Di sirkuit ini kebetulan saya sedikit membuat rekaman video ketika berlangsung balapan dan menonton langsung duduk di tribun tepat disamping garis start.

Suasana ketika mau masuk sirkuit sudah menjadi pemandangan yang sangat berbeda dan pastinya tidak akan kita dapatkan ketika menonton melalui siaran TV. Ramainya para penonton yang lalu lalang di halaman sirkuit, buanyaknya berbagai tipe motor dan yang tak kalah menarik adalah berbagai jajanan semua ada, dari makanan, pernak-pernik seperti baju, topi, apparel dll semua tentang MotoGP dan booth jualan motor juga komplit disini, bahkan kadang dipakai juga buat para pabrikan untuk merilis motor barunya.

Dari halaman luar sirkuit saja sudah bisa terdengar desingan suara knalpot dari motor2 balap, apalagi ketika sudah masuk area dalam sirkuit dan duduk di tribun. Suasana ramai gemuruh para penonton serta raungan motor MotoGP pasti menjadi sebuah pengalaman yang tak akan terlupakan.

Kita bisa melihat situasi ketika balapan mau dimulai hingga berlangsungnya balapan, meskipun dari segi negatifnya, berbeda ketika menonton langsung di TV bisa melihat dengan jelas pembalap yang sedang lewat bahkan misalnya ketika ada pembalap yang jatuh ada siaran ulangnya, kalau di sirkuit kita tidak akan mendapatkan itu, palingan kalau di depan kita ada sebuah layar besar masih sedikit terbantu meski tidak ada siaran ulangnya.

Mau tahu sedikit cuplikan suasana ketika nonton MotoGP di sirkuit?, silahkan tonton videonya:

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here