ARIPITSTOP.COM – Waspada dan teliti ketika kita mau membeli motor bekas, jangan sampai tertipu oleh penjual yang nakal seperti yang sedang viral saat ini. Viral sebuah video yang menunjukkan pemalsuan nomor rangka dan nomor mesin ketika transaksi pembelian motor bekas, nomor rangka dipalsukan denga sebuah plat besi yang diketrik sendiri lalu nonor mesin juga dibuat dari plat besi yang dilas.

Dalam video tersebut, terdapat beberapa kejanggalan pada motor yang hendak dibeli, yakni adanya plat tempelan di bagian nomor rangka motor. Plat tersebut direkatkan dengan menggunakan lem. Saat dilepas, terlihat bahwa plat tempelan mempunyai kode yang berbeda dengan nomor rangka paten yang tersemat.

Selain itu, calon pembeli juga sempat memeriksa nomor mesin. Namun mereka menemukan adanya bagian yang sudah dilas, menguatkan dugaan adanya rekayasa nomor mesin.

Ketika nomor rangka dan nomor mesin dipalsukan, kuat dugaan jika motot tersebut bisa jadi adalah hasil tindak kejahatan. Jika kita telah membelinya lau kemudian tertangkap razia kendaraan, maka Polisi akan curiga dan kita bisa terkena pasal sebagai penadah barang curian atau telah melakukan tindakan pemalsuan nomor rangka nomor mesin meski kita tidak mengetahuinya.

Ketika membeli motor bekas, pastikan nomor mesin dan nomor rangka dalam kondisi normal. Ketrikan nomor mesin dan nomor rangka tidak bisa dipalsukan, kalau jenis hurufnya janggal, kita patut curiga dan lebih baik transaksi dibatalkan.

Video via hp klik disini

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here