ARIPITSTOP.COM – Joan Mir pembalap muda bertalenta sudah membuktikan dirinya menjadi pembalap hebat dengan berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2020. Hal ini tak lepas dari keputusannya dulu yang menolak tawaran dari Honda dan justru lebih memilih bergabung dengan Suzuki.

Joan Mir sudah berhasil menjadi juara dunia pertama kalinya ketika masih di kelas Moto3 tahun 2017 silam. Kemudian dirinya naik ke kelas Moto2 tahun 2018, membela EG 0,0 Marc VDS di Moto2. Kala itu, meski tak meraih satu pun kemenangan, Mir tampil sangat kompetitif, meraup empat podium

Pembalap kelahiran September 1997 lalu itu cuma semusim saja tampil di Moto2. Sebelumnya, Joan Mir sempat dikabarkan menjadi kandidat terkuat sebagai pengganti Dani Pedrosa di Repsol Honda.

Tapi, Joan Mir lebih memilih bergabung dengan Suzuki pada 2019, di mana Suzuki GSX-RR belum tampil konsisten sejak 2015 kembali berkibar di bawah tangan Davide Brivio.

“Pertama kali saya berbicara dengan Mir dia mengatakan kepada saya bahwa ada masalah, bahwa dia sudah punya opsi dengan Honda. Namun, pada saat itu, saya bertanya kepadanya apa yang ingin dia lakukan dan dia menjawab bahwa dia menginginkan Suzuki,” kata Davide Brivio seperti dikutip dari Sky Sports.

Joan Mir juga mengungkapkan ketika proses penolakannya terhadap Honda dan lebih memilih opsi bergabung dengan Suzuki.

“Di Suzuki, saya menemukan keluarga dan kelompok orang yang sangat termotivasi. Mereka menginginkan yang terbaik bagi saya dan bagi pabrikan. Saya percaya pada proyek ini. Saya cukup berani menolak tawaran Honda untuk bertandem dengan sang juara dunia bertahan, demi membela Suzuki,” ujar Mir.

Pembalap berusia 23 tahun ini pun menyatakan, menjadi juara dunia di kelas para raja memang menjadi target utamanya. Namun, ia tak menyangka bahwa harapannya ini langsung terwujud pada tahun keduanya turun di kategori tersebut, apalagi jika mengingat persaingan tahun ini jauh lebih ketat daripada sebelum-sebelumnya.

“Saya ingin tumbuh dewasa dan berevolusi dengan motor kami. Target saya adalah menjadi juara dunia bersama. Tapi saya tak mengira target ini tercapai pada tahun kedua saya di MotoGP. Segalanya berjalan sempurna dan spesial, apalagi kami juara saat Suzuki ulang tahun ke-100,” ungkap Joan Mir.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here