ARIPITSTOP.COM – Setiap pembalap yang meraih juara dunia, maka di musim berikutnya berhak memakai angka 1 yang bisa ditempel di motorna sebagai pengganti nomor milik sendiri. Sudah banyak pembalap yang mengganti nomornya setelah meraih juara dunia, namun sepertinya Joan Mir tidak akan melakukannya tahun depan.

Setiap pembalap yang merasakan juara dunia berhak memutuskan untuk menggunakan nomor 1 atau lebih memilih bertahan dengan nomor motor yang sudah identik dengannya. Masalahnya nomor motor 1 seakan sudah dianggap sebagai kutukan untuk pembalap MotoGP. Alhasil mayoritas pembalap juara dunia enggan menggunakannya.

Alasannya memang mengerikan. Mayoritas juara bertahan yang memakai nomor 1 pasti gagal mempertahankan gelar juara dunia sehingga sampai disebut kutukan. Fakta ini pernah terjadi pada Stoner dan Lorenzo, setelah keduanya memakai nomor kramat ini tak bisa mempertahankan title juara dunia di musim berikutnya.

Seperti Casey Stoner. Dia memakai nomor satu di musim 2008 usai juara dunia MotoGP 2007 bersama Ducati. Namun di tahun 2008, ia hanya berstatus runner-up.

Dia mengulangnya tahun 2012 setelah jadi terbaik bersama Repsol Honda musim 2011. Hasilnya lagi-lagi gagal, ia hanya bercokol di posisi tiga.

Kutukan nomor motor 1 juga pernah dirasakan Jorge Lorenzo. Dia memutuskan meninggalkan nomor motor 99 dan beralih ke 1 usai merasakan titel juara dunia perdana bersama Yamaha tahun 2010. Namun musim berikutnya, ia jadi runner-up.

Lalu bagaimana dengan Joan Mir?, sepertinya tidak akan dipakai karena telah mengisyaratkan akan tetap memakai nomor 36 musim depan.

“Brivio mengatakan ia ingin saya memakai nomor 1. Namun, segalanya belum pasti,” kata Mir, dilansirdari GPOne.

Menurut Mir, ia punya kenangan tersendiri dengan nomor 36. “Dia tidak yakin saya akan mau mengganti nomor balap saya, karena dengan nomor balap 36 saya sudah dua kali memenangi gelar juara dunia,” ujar Mir.

“Nomor itu membawa keberuntungan untuk saya,” tutur Mir melanjutkan.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here