ARIPITSTOP.COM – Meski kemenangan diraih oleh Morbidelli pada balapan Valencia 2, namun kemeriahan justru terjadi dari kubu Suzuki yang akhirnya setelah menunggu selama 20 tahun kembali merasakan gelar juara dunia yang kini diraih oleh Joan Mir.

Balapan yang sungguh menegangkan, Morbidelli memulai balapan dengan sempurna. Sempat disalip Jack Miller di tikungan pertama, Morbidelli kembali mengambil alih posisi pimpinan setelah Miller melebar. Quartararo yang langsung melebar sesaat setelah start dan langsung berada di posisi buncit membuat dirinya semakin berat mengejar poin Joan Mir.

Melihat balapan kali ini, Joan Mir tidak terlalu mengambil risiko. Pembalap 23 tahun itu naik dua peringkat ke posisi 10 pada lap pertama. Posisi itu cukup bagi Mir untuk memastikan gelar juara dunia MotoGP 2020 karena unggul 26 poin atas Morbidelli.

Bahkan Joan Mir kemudian naik ke peringkat sembilan setelah Zarco terjatuh di lap enam. Tekanan Mir semakin ringan setelah Quartararo, yang merupakan rival terdekat di klasemen MotoGP 2020, terjatuh di lap sembilan.

Keunggulan Mir atas Morbidelli di klasemen naik menjadi 28 poin setelah pembalap Suzuki itu menyalip Aleix Espargaro di lap ke-12. Memasuki lap ke-14, Morbidelli sukses unggul hingga 1 detik atas Miller.

Miller mulai mengancam di lap ke-18. Morbidelli yang mulai mengalami kesulitan dengan cengkeraman ban belakang, mulai mendapat tekanan dari Miller. Jarak kedua pembalap menjadi hanya 0,7 detik.

Dua lap kemudian Mir semakin dekat dengan gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah Takaaki Nakagami terjatuh di tikungan 4. Di posisi ini Mir memiliki keunggulan 29 poin atas Morbidelli di klasemen MotoGP 2020. Persaingan ketat antara Morbidelli dan Miller semakin menjadi-jadi di dua lap akhir dengan kedua hanya berjarak 0,2 detik.

Saat last lap, perebutan posisi pertama semakin menegangkan, Jack Miller mencoba terus untuk overtake Morbidelli dan kembali dibalas oleh Morbidelli. Aksi saling overtake bahkan terjadi hingga di tikungan terakhir, meski akhirnya Jack Miller harus mengakui keunggulan Morbidelli.

Dengan hasil balapan ini, maka Joan Mir sudah resmi menjadi juara dunia MotoGP 2020, obat dahaga bagi Suzuki selama 20 tahun ketika itu tahun 2000 Juara Dunia diraih oleh Kenny Robert Junior.

Hasil MotoGP Valencia 2 2020:

1 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
2 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20)
3 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16)
4 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
5 Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16)
6 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)
Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
8 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20)
9 Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)
10 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
11 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20)
12 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
13 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V)
14 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V)
15 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20)

Advertisements

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here