ARIPITSTOP.COM – Meski Yamaha secara tertulis dan terbuka mengungkapkan kesalahan mereka perihal pemakaian mesin ilegal karena pemakaian klep yang dikatakan melanggar aturan homologasi, ternyata masalah ini masih akan berbuntut panjang. Dovizioso tidak terima hukuman Yamaha hanya pengurangan poin pada konstruktor dan team, tapi pembalap Ducati ini tidak terima pembalap Yamaha tidak dikurangi perolehan poinnya.

Dovizioso ketika diwawancarai oleh Crashnet, dirinya merasa aneh kenapa pembalap Yamaha tidak terkena penalty, bahkan Jack Miller juga merasakan hal yang sama.

“Jika [Yamaha] melakukannya dengan cara yang benar dan menyatakannya, maka itu tidak akan menjadi masalah. Tapi mereka tidak … Ini keputusan yang aneh. Tidak diragukan lagi,” kata Jack Miller.

Pada sesi latihan bebas pada Jumat 13/11/2020, Dovizioso kembali mengeluarkan komentar perihal kekecewaannya. Meskipun secara matematis para pembalap Yamaha (Morbidelli, Quartararo dan Vinales) dikurangi poinnya masih sulit meraih gelar juara dunia karena gap yang cukup jauh dengan Joan Mir sebagai pimpinan klasemen, maka peluang Dovizioso memperebutkan juara dunia lebih besar kalau poin pembalap Yamaha dikurangi.

“Saya pikir situasinya sangat aneh. Sangat, sangat aneh,” kata Dovizioso.

“Jika itu ilegal, semua orang yang membuat sesuatu ilegal akan dihukum. Tapi saya tidak hadir dalam pertemuan itu. Saya tidak tahu persis semua hal, di mana mereka dan apa yang mereka katakan. Saya tidak tahu semua detailnya, jadi saya tidak ingin berbicara terlalu banyak tentang itu, tapi yang pasti ini sangat aneh.

“Kami benar-benar ingin memahami sedikit lebih banyak detail karena jika mereka melakukan sesuatu yang ilegal, menurut saya tidak wajar apa yang terjadi.” kata Dovizioso.

Saat ini Dovizioso berada di peringkat keenam klasemen sementara pembalap dengan perolehan poin yang tertinggal 45 poin dari Joan Mir sebagai pimpinan klasemen. Meskipun berat untuk mengejar poin Joan Mir karena balapan tersisa dua seri lagi, peluang Dovizioso akan lebih besar kalau poin para pembalap Yamaha dikurangi akibat pemakaian mesin ilegal tersebut.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here