ARIPITSTOP.COM – Ketika kita harus pergi keluar kota dalam waktu yang lama atau punya beberapa motor di rumah sehingga ada motor yang jarang dipakai bahkan dihidupkan untuk sekedar dipanaskan mesinnya, jangan kaget kalau tiba-tiba motor tidak bisa dihidupkan. Satu faktor utama penyebab jika motor terlalu lama diam di rumah adalah kondisi bensin yang sudah basi, apa itu bensin basi? kenapa bensin bisa jadi basi?.

Motor yang lama tidak digunakan dapat membuat bensin yang ada di tangki menjadi basi. Namun, banyak yang belum tahu, butuh waktu berapa lama hingga bensin disebut basi. Kadar kimia yang terkandung dalam bensin akan turun sehingga tidak bisa lagi terbakar sempurna oleh proses pembakaran di ruang bakar.

Dari referensi yang saya baca dari beberapa artikel menyebutkan jika bensin menjadi basi jika didiamkan di dalam tangki hingga lebih dari enam bulan.

Bensin akan lebih cepat lagi badi ketika semakin besar ruang kosong yang ada di dalam tangki, dapat memperbesar juga jumlah penguapan. Apalagi, jika motor di parkir terus di tempat yang panas atau tidak teduh, tentu akan lebih cepat lagi proses bensin menjadi basi. Untuk menghindari bensin basi lebih cepat, disarankan agar saat memarkirkan motor dalam jangka waktu lama tidak di luar ruangan yang secara langsung terpapar sinar matahari.

Khusus untuk motor yang sudah injeksi harap lebih waspada, karena disinyalir kondisi bensin yang basi bahkan memicu endapan di dalam tangki bisa merusak fuel pump. Bensin tidak bisa terbakar, dan membuat motor bermasalah. Karena bensin basi yang berada di dalam tangki terjadi karena senyawa kimia pada bahan bakar telah berubah. Bahan bakar juga terkontaminasi dengan logam yang ada di tangki.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika motor yang mogok akibat lama tidak digunakan?, sudah pasti semua bensin yang ada di dalam tangkiharus dikeluarkan atau dikuras, untuk motor yang masih pakai karburator disarankan juga untuk membersihkan jeroan karburatornya, apalagi ketika memakai bensin jenis premium biasanya akan ada endapan lumpur yang bisa menyumbat lobang pilot jet dan main jet.

Seeprti contoh dalam video ini, motor Kawasaki ZX130 ini kondisi mogok dan akhirnya dibawa ke bengkel Zona Speed. Setelah kita cek ternyata bensinnya basi. Berikut videonya, via hp klik disini.

Advertisements

3 KOMENTAR

  1. Tidak hanya bensin basi saja akibat motor terlalu lama enggak dipake.

    Kami punya Kawasaki Kaze yg mesinnya rusak krn water hammer dipake nerjang banjir. Istri sempat pake Scoopy dan Vario 125 yg kemudian dikasihin ke mantu2 perempuan kami. Trus istri minta Kaze-nya direnovasi.

    Ternyata daleman karbu udah karatan berat, shg diganti pake karbu KW merk Sheng Wey. Krn enggak enak, balik pake karbu ori.

    Jadi kalo motor enggak dipake lama, selain bensin basi, ternyata bisa menghancurkan karbu juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here