ARIPITSTOP.COM – Masih mau pakai knalpot bukan standar pabrikan?, siap2 saja untuk menerima sanksi ditilang, terlebih saat ini pihak Polres Tangerang Selatan sedang melakukan penindakan pengguna motor yang memakai knalpot Brong atau racing atau bukan standar. Polres Tangerang Selatan mengincar motor diatas 250cc.

Dishare oleh akun instagram @satlantas_polrestangsel, jajaran Polres Tangerang Selatan menertibkan para pengguna motor diatas 250cc yang terpasang knalpot racing. Razia Sepeda Motor diatas 250cc yang berknalpot tidak standar (Brong) di Sekitar TL Forggy BSD Pagedagan ,Tangerang Minggu (18/10/2020).

Dalam foto kegiatan penilangan terlihat beberapa motor besar seperti Ninja ada juga Royal Enfield sedang diperiksa, ada juga motor CBR250RR. Namun melihat lagi postingan dari @satlantas_polrestangsel banyak juga mocil disitu.

Ternyata penindakan penilangan motor pakai knalpot racing bukan hanya dilakukan satu kali saja, sesuai postingan tersebut sudah ada dua kali penindakan. Yang pertama tanggal 4/10/2020 dan yang kedua tanggal 18/10/2020. Artinya pihak Polres Tangerang Selatan secara periodik melakukan kegiatan yang sama.

Postingan pertama

Postingan kedua

Pemakaian knalpot racing memang masih menjadi perbincangan panas di Indonesia, panilangan knalpot racing dipandang mengganggu ketertiban umum. Penggunaan knalpot brong ini seringkali menimbulkan kebisingan dan bisa mengganggu kenyamanan. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 7 Tahun 2009 Tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor.

Sementara untuk penggunaan knalpot non-standar diatur dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), dan pemilik kendaraan bisa dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu

Advertisements

2 KOMENTAR

  1. Sudahlah emang peraturan di negara kita seperti itu ikuti saja kalo ga ingin ditilang polisi, kalo hanya ditilang sih ga masalah lha kalo knalpotnya dihancurin sama polisi bisa rugi jutaan.. Eh berani ga ya polisi ngancurin knalpot moge? 😁

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here