ARIPITSTOP.COM – Akhirnya Petrucci meraih kemenangan pertamanya di MotoGP 2020, sementara akhirnya Repsol Honda meraih podium pertamanya di musim 2020 lewat Alex Marquez di posisi kedua. Dan Pol Espargaro menambah rentetan podium bagi KTM di msuim 2020 dengan posisi ketiga. Dalam balapan basah yang berlangsung selama 26 putaran itu, Petrucci menyelesaikan balapan dalam waktu 45 menit 54,736 detik.

Balapan MotoGP di sirkuit Le Mans Prancis berlangsung hujan ringan, para pembalap sudah di starting grid dengan kondisi motor kering, namun baru saja mau memulai start justru gerimis mulai turun dan start akhirnya ditunda. Setelah ditunda selama lima menit dari jadwal semula, race director mengumumkan bahwa balapan MotoGP Prancis 2020 digelar dalam kondisi basah alias wet race.

Bendera strart berkibar pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow langsung merangsek ke urutan kedua, sementara hal serupa dilakukan oleh Jack Miller dari tim Pramac. Crutchlow akhirnya mengambil alih posisi sebagai pembalap terdepan dari Quartararo, sementara nasib sial dialami oleh Rossi yang terjatuh di tikungan 3.

Masih lap pertama, Petrucci berhasil melakukan manuver untuk merebut posisi terdepan dari tangan Jack Miller.

Masuk lap kedua, Dovizioso juga memanaskan persaingan dengan menduduki posisi kedua. Duel sengit juga terjadi untuk merebutkan posisi keempat antara Alex Rins Pol Espargaro hingga saat balapan memasuki lap keempat.

Aneh buat Quartararo yang justru perlahan-lahan mundur, di tengah kondisi lintasan yang basah dia tertahan di urutan ke-10.

Lap 6, Trio Ducati berada di depan, Petrucci disusul Dovizioso dan Jack Miller. Sementara Alex Rins mengunti 2,4 detik di belakang.

Lap 10, posisi Jack Miller semakin terancam Alex Rins yang hanya berjarak 1,4 detik.

Lap 15, Trio Ducati masih terdepan, sementara Alex Marquez juga mampu memperbaiki posisinya, start dari urutan ke-18 dia sanggup berada di posisi ketujuh.

Alex Rins mencoba overtake Jack Miller meski kembali dibalas kembali, persaingan ketat kedua pembalap ini semakin sengit sering jual beli overtake.

lap 16. Alex Marquez berhasil overtake Pol Espargaro naik posisi ke-6. Nasib sial dialami Morbidelli, dirinya melebar keluar lintasan dan tak berselang lama dirinya harus mengakhiri balapab lebih cepat.

Persaingan mulai memanas untuk merebutkan posisi terdepan, empat pembalap yaitu Petrucci, Rins, Dovizioso dan Miller saling memanas. Bahkan Alex Rins bisa mengovertake langsung dua pembalap Ducati dan berada di posisi kedua.

Nasib sial Jack Miller terpaksa kembali ke Paddock karena mengalami masalah mesin, sementara berselang satu putaran kemudian Alex Rins terjatuh saat menduduki di urutan kedua.

Tujuh putaran tersisa, Petrucci dan Dovizioso masih solid berada di urutan pertama dan kedua sementara Alex Marquez membawa Repsol Honda di urutan ketiga. Dovizioso harus bekerja keras karena dia tertinggal 2,1 detik lebih lambat dari Petrucci yang semakin menjauh untuk mengamankan posisinya.

Dovizioso semakin ditempel ketat oleh Alex Marquez yang sempat melakukan attack saat balapan memasuki putaran ke-23. Satu putaran kemudian, mimpi buruk itu terjadi, Alex Marquez mampu melakukan overtake untuk mengambil posisi kedua dari tangan Andrea Dovizioso.

Menyisakan dua putaran terakhir, Dovizioso perlahan-lahan mengalami penurunan dengan berada diurutan keempat usai disalip oleh Pol Espargaro. Hingga bendera finis berkibar, Petrucci masih mampu mengamankan posisinya di urutan terdepan dan Alex Marquez dan Pol Espargaro secara berurutan di posisi kedua dan ketiga.

Hasil MotoGP Prancis 2020 :

1 Danilo PETRUCCI Ducati Team
2 Alex MARQUEZ Repsol Honda Team
3 Pol ESPARGARO Red Bull KTM Factory Racing
4 Andrea DOVIZIOSO Ducati Team
5 Johann ZARCO Esponsorama Racing
6 Miguel OLIVEIRA Red Bull KTM Tech 3
7 Takaaki NAKAGAMI LCR Honda IDEMITSU
8 Stefan BRADL Repsol Honda Team
9 Fabio QUARTARARO Petronas Yamaha SRT
10 Maverick VIÑALES Monster Energy Yamaha MotoGP
11 Joan MIR Team SUZUKI ECSTAR
12 Brad BINDER Red Bull KTM Factory Racing
13 Francesco BAGNAIA Pramac Racing
14 Aleix ESPARGARO Aprilia Racing Team Gresini
15 Iker LECUONA Red Bull KTM Tech 3
16 Alex RINS Team SUZUKI ECSTAR
Not Classified
Jack MILLER Pramac Racing
Franco MORBIDELLI Petronas Yamaha SRT
Cal CRUTCHLOW LCR Honda CASTROL
Tito RABAT Esponsorama Racing
Bradley SMITH Aprilia Racing Team Gresini
Not Finished 1st Lap
Valentino ROSSI Monster Energy Yamaha MotoGP

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini