ARIPITSTOP.COM – Filter oli berfungsi untuk menyaring berbagai kotoran yang bercampur dengan oli mesin, jika terdapat kotoran di dalam mesin bisa berakibat aliran oli tersumbat sehingga sirkulasi oli mesin tidak sempurna membuat part-part di dalam mesin bisa baret bahkan aus. Untuk fungsi Filter Oli sangat penting sehingga part ini harus ada perawatan khusus atau penggantian secara periodik. Bisa dilihat contoh Filter Oli yang sudah kotor ini, penuh dengan kotoran Gram Besi, jika tidak bersihkan maka Gram besi ini merusak part di dalam mesin.

Yap, filter oli… part satu ini memiliki peranan penting dalam motor kita, tanpa filter oli maka kotoran, serpihan atau Gram besi akan terus berputar mengikuti arus oli padahal oli juga untuk melumasi part2 halus seperti piston, klep, camshaft dan masih banyak lainnya yang rentan akan gesekan. Jika oli kotor maka piston bisa mengalami baret yang akhirnya kompresi bisa bocor dan tenaga motor berkurang bahkan bisa mogok.

Jika Filter oli tersebut sudah mengalami penyumbatan, maka akan berakibat berkurangnya debit oli yang dialirkan. Jadi, pelumasan pasti tidak akan maksimal.Akibatnya noken as dan pelatuk klep serta komponen di cylinder jadi cepat aus,bahkan timbul nglitik jika pelumasan sudah tidak maksimal. Untuk itu pemeriksaan dan perawatan pada komponen ini, tidak boleh diabaikan.Pada motor 4-Tak yang menggunakan sistem pelumasan tipe basah atau wet sum type pelumas didistribusikan oleh sebuah pompa oli ke komponen-komponen yang bergerak.

Filter oli memiliki berbagai tipe, ada yang tipe kertas, kasa, cartride/Stainer dll. Nach pada motor matic yang dijual di Indonesia saat ini, sebagian besar memakai filter oli tipe kassa atau saringan kawat. Fiter oli jenis kassa ini juga sering dipakai pada sebagian besar motor bebek jaman dulu dan sebagian motor sport yang biasanya terdapat pada bagian dalam bak kopling.

Kali ini saya akan memperlihatkan Filter Oli jenis Kassa punya Scorpio yang jenis Filter ini bisa dibersihkan secara periodik. Untuk filter oli Scorpio cukup dibersihkan saja, caranya dicelupkan ke dalam bensin lalu di semprot pakai angin kompresor, ingat ! saat menyemprot anginnya jangan terlalu kencang agar Filter oli tidak rusak karena terbuat dari bahan campuran seng dan kertas. Tapi jika kondisi Filter Oli sudak rusak wajib diganti juga, biasanya umur Filter oli Scorpio ini lebih panjang bisa sampai 5 tahunan bahkan bisa seumur hidup.

Filter Oli jenis kertas harus wajib diganti lebih bagus setiap 10ribu km, karena Filter jenis ini tidak bisa dibersihkan. Sedangkan untuk Filter oli jenis kassa atau Stainlis Steel / Stainer ini tidak perlu diganti, cukup dibersihkan saja minimal setiap 10.000 km, kecuali jika kawat kasa sudah rusak (sangat jarang terjadi kawat kasa bisa rusak). Setelah melepas baut tutup filter oli, bersihkan filter oli menggunakan bensin dan bisa langsung dipasang kembali.

Contoh Filter Oli jenis Kertas

Contoh Filter oli jenis Stainlis Steel / Strainer

Contoh Filter oli jenis Kassa 

Bisa dilihat kondisi Filter Oli yang baru saja saya bongkar ini, kotor banget penuh dengan Gram Besi, bayangkan jika kotoran ini menumpuk di Filter Oli hingga menyumbat aliran Oli mesin, hancur dech mesin…

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here