ARIPITSTOP.COM – Viral sebuah video yang menunjukkan pesepeda masuk ke Jalan Tol Jagorawi pada hari Minggu 13 (13/9/2020). Lokasi tepatnya berada di Km 46+500 atau di dekat persimbangan keluar tol Puncak-Ciawi, sekitar pukul 11.00 WIB. Kejadian tersebut sangat disayangkan karena sangat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan Tol.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Oemi Vierta Moerdika menyayangkan tindakan pengendara sepeda yang masuk dan menggunakan jalan tol hingga membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

“Jika kendaraan roda dua masuk tol, dapat dikenakan tindakan hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku,” katanya dilansir dari Bisnistempo.

Pengelola tol juga telah memasang rambu larangan kendaraan roda dua masuk tol, rambu kendaraan apa saja yang boleh masuk tol dan batas kecepatan berkendara di jalan tol, di setiap akses masuk tol. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005, Pasal 38 Ayat 1, disebutkan, jalan tol hanya diperuntukkan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

“Saat ini kejadian tersebut masih dalam pemeriksaan lebih lanjut dari pihak kepolisian. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005, Pasal 38 Ayat 1, disebutkan jalan tol hanya diperuntukan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih,”

Sedangkan dari pihak kepolisian telah mengidentifikasi rombongan pesepeda yang masuk ruas Jalan Tol Jagorawi dan melawan arah. Rombongan pesepeda diketahui memuat sepedanya di rest area tol.

“Dari pihak PJR yang melaksanakan pengamanan di Tol Jagorawi itu berupaya untuk mengidentifikasi dan sepertinya sudah ada hasil, nanti tinggal nunggu keterangan dari pihak PJR yang melaksanakan pengamanan di Jagorawi. Karena itu PJR dari Korlantas,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dilansir dari detik.com.

Sambodo enggan merinci lebih lanjut terkait proses penyelidikan kasus ini. Yang jelas, sebut Sambodo, polisi telah mengidentifikasi para pesepeda melalui sejumlah rute atau tempat yang dilalui rombongan.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here