ARIPITSTOP.COM – Kali ini saya agak kaget ketika menemukan fakta terbaru dari Honda PCX 150 untuk dibagian teknis, yap… ternyata kini Honda PCX 150 2020 mengalami perubahan pada bagian mangkok kopling alias rumah kopling alias clutch housing alias Outer Comp Clutch. Desain dari mangkok kopling Honda PCX kini hanya memakai dua lubang.

Honda PCX 150 sejak dijual oleh AHM sejak tahun 2018 yang lalu ternyata sebagian dari pemiliknya mengeluhkan kondisi motor yang geter saat akslerasi awal atau lebih sering dinamakan “gredek”. Banyak faktor kenapa motor bisa gredek… bisa dari faktor cara pakai, perawatan sampai faktor teknis dari pabrikan.

Melihat desain terbaru dari mangkok kopling Honda PCX 150 2020 ini menurut saya pribadi disinyalir untuk mengurangi gejala gredek yang selama ini dikeluhkan oleh para owner PCX 150. Informasi yang dihare oleh akun facebook bernama Sony Honda Crm Rshc yang merupakan mekanik AHASS ini mengatakan kalau motor ini keluaran bulan Agustus 2020.

Dilihat desainnya kini hanya memakai dua lubang dari yang sebelumnya 6 lobang, kenapa dikurangi cuma dua lobang saja?. Menurut pendapat saja, dengan dua lobang maka mangkok kopling menjadi lebih kuat tidak mudah mlintir atau bengkok atau membuat permukaan mangkok kopling yang bergesekan dengan kampas kopling tidak mudah bengkok. Kadang kita melihat permukaan mangkok kopling ada bagian yang tidak tergesek oleh kampas kopling, itu tandanya mangkok kopling sudah melintir meski secara kasat mata terlihat normal.

Yap, ini opini pribadi saya, dengan dua lobang maka mangkok kopling lebih kuat…

Penampakan mangkok kopling Honda PCX model lama, pakai 6 lobang

Penampakan mangkok kopling Honda PCX 150 bulan Agustus 2020, hanya dua lobang.

Advertisements

14 KOMENTAR

  1. Honda mau memperbaiki gredhek-gredhek nya nunggu sampai belasan tahun..tapi memang sudah seperti kebiasaannya..Tiger saja sampai disuntik mati masalah tangki bocor, gak ada perbaikan. Yang penting laku! Mungkin gitu ya pikirannya AHM..

    • setuju, jaman kuliah dulu, ada temen punya tiger lama, umur 1 th tangki sudah bocor (bahkan bocornya sampe spt pipis, bensin sudah tumpah kemana2, waktu itu dikasi tau tukang parkir, and ngeri jg ngebayangin kalo ada yg merokok deket situ pas itu terjadi) setelah kejadian itu, lgs tigernya dijual, kapok pake tiger

      penyakit tangki bocor berlanjut sampe tiger revo, bener2 tidak ada perbaikan kualitas

      • Gak cuma tiger megapro primus juga gampang bocor, di perbaiki titik yang bocor eh… gak lama kemudian ada yang bocor lagi di titik yang lain bener2 sampai frustasi + sampai akrab sama tukang nya.

  2. Mnurut sy bnyk lubang smakin mudah debu kotoran dr gesekan kmpas kopling yg bisa kluar,lha klo cman 2 lubang piye jal…klo scr kontruksi sih 6 lubang msih kuat mnhan mangkuk untuk terdistorsi,tp ga tau jg seh pastinya ahm yg tau knp ko sprti itu

    • klo ini tergantung pemakaian dan perawatan, motor matic yamaha dibawah 150cc seharusnya normal, maticnya Honda yang seperti beat scoopy juga normal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here