ARIPITSTOP.COM – Sudah hangat dibicarakan akan pindah ke tim satelit Yamaha bahkan sudah dalam tap negosiasi akhir, Rossi justru kini tengah dikabarkan akan mengumumkan pensiun mulai akhir musim 2020. Sebelum MotoGP 2020 dimulai di Jerez pada pertengahan Juli lalu, Rossi bahkan sempat mengaku dirinya 99% bakal membela SRT pada 2021. Menurut pengakuannya, kontrak belum ditandatangani karena ada banyak detail yang harus dibicarakan.

Sungguh mengejutkan, akhir pekan ini yang banyak diketahui jika Rossi akan mengumumkan kerjasamanya dengan SRT justru sebaliknya. Speedweek, membuat analasis mengejutkan tentang situasi bursa transfer pembalap MotoGP untuk musim depan. Speedweek, Rabu (9/9/2020) melaporkan bahwa Rossi akan pensiun sebagai pembalap pada musim depan dan Andrea Dovizioso akan beralih ke Tim Petronas Yamaha SRT.

Posisi Rossi sudah dipastikan tergusur oleh Quartararo dan oleh Yamaha dipindahkan ke tim satelit, namun penandatanganan kontrak Rossi sepertinya belum segera terjalin. Sebab pada bulan lalu, Lin Jarvis sempat mengatakan bahwa banyak detail yang harus diklarifikasi untuk Rossi bergabung dengan tim asal Malaysia tersebut.

Situasi ini menimbulkan banyak pertanyaan. Bahkan menurut Speedweek, mereka menganalisis bahwa ada asumsi jika Rossi bisa pensiun di usia 41 tahun dan takkan melanjutkan diri sebagai pembalap pada MotoGP 2021.

Ada beberapa analisa kenapa Rossi memilih pensiun ketimbang bergabung dengan Petronas, seperti Rossi akan kesulitan untuk mengejar gelar juara dunia yang ke-10. Rossi juga belum memenangkan kejuaraan sejak MotoGP Belanda 2017. Selain itu, Yamaha juga tidak tampil cukup kuat di MotoGP 2020 terlebih saat ini motor M1 disunat 500rpm agar mesinnya tetap bertahan sampai akhir musim.

Rossi dikabarkan juga masih kesulitan mengatasi ban Michelin yang baru. Hingga pergantian kepala kru Davide Munoz yang tidak membawa kemenangan untuknya hingga saat ini. Situasi ini disebut membuat Rossi harus berpikir ulang untuk kembali ke MotoGP dengan tim satelit Yamaha.

Pensiunnya Rossi membuat analisa baru dimana Dovizioso yang justru akan masuk ke tim satelit Yamaha tersebut setelah dipastikan sudah keluar dari Ducati. Dovizioso sendiri bukan orang asing bagi Yamaha. Pembalap asal Italia ini pernah membela Monster Yamaha Tech 3 pada 2012, dan tampil cukup kompetitif, mengoleksi enam podium. Jadi, tak diragukan lagi bahwa ia bisa cocok mengendarai YZR-M1.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here