ARIPITSTOP.COM – Lampu warna kuning tanda injeksi di speedometer motor injeksi Honda berkedip?, itu tandanya ada masalah di motor. Motor injeksi Honda bisa mendeteksi posisi dimana saja letak kerusakan dengan cara memberikan sinyal kode di speedometer. Ada beberapa macam kode kerusakan motor injeksi Honda sesuai jenis kerusakannya.

Jangan bingung dan nggak perlu langsung ke bengkel, kamu juga bisa tahu kok dimana sumber masalah motormu dari kode kedipan MIL. Asalkan kerusakan tersebut berupa kerusakan ringan, kalau kerusakan berat silahkan melipir ke bengkel kepercayaan masing2.

Lalu bagaimana cara membaca kedipan lampu MIL di motor Injeksi Honda?, gampang banget.  Ada dua jenis kedipan MIL, panjang (berkedip 1,3 detik) dan pendek (berkedip 0,3 detik). Perhatikan berapa kali kedipan panjang dan kedipan pendeknya, atau bisa juga cuma kedipan pendek saja.

Kedipan itu bakal terjadi berulang-ulang, dengan jeda padam panjang sekitar 3 detik. Di motor Honda, kedipan panjang punya nilai 10, kalau kedipan pendek punya nilai 1.

Contohnya, lampu MIL berkedip panjang 5 kali dan berkedip pendek 2 kali. Jadi kasus ini punya kode kerusakan 52, artinya motor ini punya kerusakan di daerah CKP atau lebih mudah dikenal dengan kabel spull, cek seluruh bagian di spull dan kabel bodi yang menyambungkan antara kabel Spull dengan ECM.

Berikut daftar kode kerusakan pada motor injeksi Honda :

Kode

Diagnosa Kerusakan di Motor Honda

1 Manifold Absolute Pressure (MAP)
7 Engine Oil Temperature (EOT)
7 Engine Coolant Temperature (ECT)
8 Throttle Position
9 Intake Air Temperature (IAT)
12 Injector
21 O2 Sensor
29 Idle Air Control Valve (IACV)
33 Engine Control Module (ECM)
52 Crank Position Sensor (CKP)
54 Bank Angle Sensor

 

Advertisements

2 KOMENTAR

  1. Yg sering terjadi di vario 125 dan 150 1 panjang 1 pendek jadi 11
    Biasanya kabel sensor spedometer yg di bawah box filter ada yg putus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here