ARIPITSTOP.COM – Belum stabilnya penurunan wabah Corona di berbagai negara, justru berbagai event sudah mulai kembali dijalankan meski tetap menjalankan berbagai prosedur protokol kesehatan. Berhari-hari bahkan berbulan-bulan hanya berdiam rumah tentu saja membuat bosan, terutama buat para biker yang doyan kopdar dan touring. Apesnya, salah satu event kopdar yang digelar para biker di Amerika tetap nekat diadakan dan pada akhirnya menjadi salah satu sumber penyebaran virus Corona.

Sturgis Motorcycle Rally adalah event tahunan tempat berkumpulnya para Biker untuk kopdar dan mengadakan touring bareng yang biasanya digelar selama 10 hari. Untuk 2020 ini, acara tersebut kembali dihelat di sebuah kota kecil yang terletak di South Dacota, pada pertengahan Agustus lalu.

Sebuah event yang menarik buat para Biker, setiap tahun acara tersebut bisa jadi magnet buat 500.000-an orang untuk berkumpul dan kongkow bersama menggelar berbagai kegiatan. Tahun ini jumlah pesertanya mencapai 460.000 orang.

Sturgis Motorcycle Rally merupakan acara yang sudah digelar sejak 1938. Acara ini diisi dengan kegiatan touring, balapan, konser, festival makanan, dan hiburan lainnya.

pic by star tribune

Sejak awal, acara tersebut dikhawatirkan akan jadi pusat penyebaran baru virus corona. Para ahli khawatir, orang-orang yang datang dari berbagai penjuru Amerika Serikat bisa saling menularkan virus yang masih jadi pandemi tersebut.

Dan kekhawatiran tersebut akhirnya terjawab, dilansir dari CNN Beberapa minggu setelah gelaran tersebut, sebanyak ratusan peserta dinyatakan positif COVID-19. Rapid City Journal menyebutkan kalau saat ini ada 236 kasus positif di berbagai negara bagian yang terkait dengan Sturgis Motorcycle Rally.

Tadinya warga sekitar Sturgis menolak acara ini sesuai jadwal, namun otoritas setempat memutuskan mengizinkannya karena mereka merasa tak bisa menghentikan pengunjung yang sudah berencana datang.

“Sebagai kota, tidak ada yang bisa kami lakukan, kami tak bisa menutup jalan dan mengatakan, ‘Anda tak bisa masuk’. Dan sudah hampir pasti kita kedatangan banyak orang di sini, bahkan jika acara reli tidak digelar. Isunya adalah jika kami tidak memutuskannya sebagai reli, kami tak bisa menyiapkannya seperti itu,” kata Manajer Kota Sturgis Daniel Ainslie.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here