ARIPITSTOP.COM – Honda Jepang belum lama ini mengumumkan adanya masalah di motor CBR250RR yang membuat adanya kebocoran oli di bagian bak mesin. Alhasil motor CBR250RR yang bermasalah dilakukan program recall, ada sekitar 11.500 unit Honda CBR250RR yang terkena program ini, unit tersebut diproduksi mulai tanggal 22 Maret 2017, hingga 18 Juni 2020.

Disinyalir terjadi kebocoran pada bak oli, ribuan unit CBR250RR terkena recall. Hal ini dilakukan akibat kualitas pengecatan pada bak mesin tidak sesuai standar yang ditetapkan oleh Honda. Karena kualitas cat yang kurang baik, alhasil cat mudah terkelupas ada permukaan yang menjadi tumpuan baut.

Oleh karena itu, cat yang semakin mengelupas membuat baut menjadi kendor. Karena baut yang kendor inilah membuat paking di bak mesin menjadi merembes oli. Dan dalam kasus terburuk, oli yang bocor tersebut dapat tercecer dan membuat ban belakang licin, sehingga berpotensi membuat kecelakaan.

 

Sebagai langkah perbaikan, Honda menyarankan untuk melakukan penggantian bak oli di dealer-dealer resmi Honda di Jepang. Sejauh ini Honda sudah menemui 14 kasus bak oli cacat, namun tidak sampai ada kasus yang menyebabkan kecelakaan.

Total ada 11.500 unit yang terkana kampanye recall ini, lebih tepatnya pada unit yang diproduksi mulai tanggal 22 Maret 2017, hingga 18 Juni 2020. Lalu bagaimana dengan unit CBR250RR yang ada di Indonesia?.

Dijelaskan General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, unit CBR250RR yang dijual di Indonesia sejauh ini masih aman dari kampanye recall. “Sejauh ini belum ada (recall CBR250RR-Red) di Indonesia ya,” kata pria yang akrab disapa Muhib, saat dikonfirmasi detikOto, Minggu (30/8/2020).

Advertisements

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here