ARIPITSTOP.COM – Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira, sukses meraih kemenangan dalam balapan MotoGP Styria yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada Minggu (23/8/2020). Kecerdikan Miguel Oliveira mengambil keuntungan dari panansya Jack Miller dan Pol Espargaro yang berebut posisi pertama yang melebar di tikungan terakhir.

Ini adalah podium dan kemenangan perdana Oliveira di MotoGP, sekaligus pembalap pertama yang berasal dari Portugal yang berhasil meraih kemenangan di MotoGP. Kemenangan ini juga merupakan kemenangan perdana tim Tech 3 di MotoGP. KTM pun berhasil mematahkan dominasi Ducati, yang menang di Red Bull Ring sejak 2016, sekaligus meraih kemenangan keduanya musim ini.

Sesi balapan total 28 lap dimulai dengan 22 pembalap bersaing untuk merebutkan posisi pertama. Jack Miller, Joan Mir, Pol Espargaro hingga Dovizioso meluncur di barisan terdepan. Lap kedua, Jack Miller berhasil leading. Sementara itu Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi ke-14 berhasil naik ke posisi ke-9.

Balapan semakin menegangkan ketika Nakagami terus mengecoh Jack Miller dan Joan Mir.

Lap ketujuh, Joan Mir dengan Suzuki GSX-RR langsung leading bahkan terus membuat jarak dengan Jack Miller dan Nakagami yang terus saling menempel.

Sayangnya, di lap 17, Vinales tiba2 menjatuhkan dirinya dari motor, motor Vinales meluncur kencang menuju dinding pembatas bahkan motornya langsung terbakar. Beruntung, Vinales tak mengalami cedera berarti.

Red Flag dikibarkan, balapan dilanjutkan dengan durasi sepanjang 12 lap dan posisi restart diambil berdasarkan Lap 16.

Start kembali dimulai, Joan Mir langsung melaju kencang dan bersaing dengan Jack Miller untuk merebutkan posisi pertama.

Sisa 9 lap, Jack Miller masih memimpin dengan melebarkan jarak dengan Joan Mir belum ada satu detik. Dibelakangnya ada Pol Espargaro ditempat ketiga, Miguel Oliviera di posisi keempat, dan Dovizioso di tempat kelima.

Kejutan terjadi, Joan Mir merosot sepertinya kondisi ban yang sudah mulai habis, terlihat dalam tayangan ulang Joan Mir punya masalah dengan kondisi ban. Pol Espargaro memanfaatkan kondisi ini bahkan langsung menempel Jack Miller.

Persaingan kemudian kian ketat saat Jack Miller ditempel oleh Pol Espargaro dan Miguel Oliviera karena Joan Mir terlempar ke posisi keempat.

Jack Miller, Pol Espargaro, Miguel Oliviera, dan Joan Mir masih saling berdekatan untuk bersaing di tempat pertama. Pol Espargaro sukses menyalip Jack Miller untuk merebut tempat pertama saat menyisakkan 5 lap lagi.

Sampai lap terakhir, Pol Espargaro berhasil overtake Jack Miller, keduanya saling overtake bahkan sampai di tikungan terakhir menuju finish, keduanya saling tempel hingga melebar, kondisi ini dimanfaatkan oleh Miguel yang tepat dibelakang keduanya mengambil tikungan paing dalam.

Miguel Oliviera muncul sebagai pemenang.

Berikut hasil balapan MotoGP Styria 2020 :

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here