iklan iwb

ARIPITSTOP.COM – Yap,kali ini kang ari berkesempatan merasakan test ride motor terbaru dari AHM yaitu Honda CBR250RR SP yang kini memiliki dua fitur baru yang membuat nyaman saat pindah gigi serta menambah power serta akslerasi dengan dipasangnya Quick Shifter. Pengetesan kali ini dilakukan di sirkuit internal milik AHM yang ada di daerah Deltamas Cikarang. Sensasi awal ketika naik motor ini adalah “anjiiiiir…..”.

Lokasi pengetesan CBR250RR SP tepatnya ada di Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC) yang berada di kawasan Greenland International Industrial Centre (GICC) Blok DD No 01 Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Fasilitas ini memperkuat komitmen AHM dalam kampanye keselamatan berkendara untuk mendukung terciptanya budaya aman dan nyaman berkendara di tengah masyarakat. Tempatnya luas banget hingga 8,5 H. Next akan saya bahas lebih detail mengenai AHM Safety Riding Park dan Training Center.

Di tempat ini ada sirkuit internal milik AHM yang sempat viral karena layout sirkuitnya bisa dilihat lewat google Maps. Khusus untuk sirkuit internal ini tidak untuk masyarakat umum ya bro… karena di tempat inilah motor2 milik Honda ditest sebelum dijual. Makanya jangan heran kalau motor2 yang lagi ditest oleh Honda tidak terlihat seliweran di jalan raya seperti kompetitor lainnya.

Kembali ke test ride CBR250RR SP Quick Shifter, sempat penasaran dengan motor yang mendapatkan kenaikan daya menjadi 41PS, sesignifikan apa sih perbedaannya dengan 38,7PS versi old CBR250RR. Kesan pertama apakah begitu menggoda?. Naik diatas motor CBR250RR SP secara riding position ternyata sama seperti old CBR250RR, tidak ada perbedaan sama sekali.

Lanjut pergi ke sirkuitnya… ada dua sirkuit yang kita pakai, yang pertama kita disuguhkan dengan sirkuit yang memiliki banyak kelokan, disini bisa mengeksplore handling dari sang kuda besi, kelincahan saat bermanufer dan tentunya merasakan sensai kopling terbaru.

Dari sirkuit yang pertama ini, Trek disini cukup tricky namun menantang meski banyak trek lurus tapi gak terlalu panjang. Bisa dilihat ada beberapa tikungan parabolik, tikungan yang menyerupai S kecil juga hadir.

Melihat dari layoutnya sudah barang tentu yang pertama dirasakan adalah sensai auto blippernya, merasakan pindah gigi di rpm rendah agak sedikit kasar namun begitu masuk gigi 3 hingga 6 apalagi dari rpm menengah sampai atas, penambahan terasa halus. Sensasi lebih anjiiiiiir adalah ketika melakukan downshift, karena banyak tikungan disini sudah barang otomatis lebih sering melakukan downshift. Anjiiiiiir… karena perpindahan gigi begitu lembut banget padahal tanpa menekan kopling, benar2 paduan fitur Assist & slipper clutch dengan auto blipper ini memang ciamik tenan…

Yap, fitur auto blipper di CBR250RR ini unik karena bisa diseting 4 mode yaitu :

1.Mode yang mengaktifkan Quick Shifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi

2.Mode menaikkan gigi saja

3.Mode menurunkan gigi saja

  1. Mode Quick Shifter off

Namun sayangnya untuk memindahkan mode Auto blipper ini motor harus dalam keadaan berhenti, tidak bisa dilakukan sambil riding.

Pindah ke sirkuit yang kedua, trek ini sarat lintasan lurus dan panjang, dan kata panjang di sini benar benar panjang, yaitu 1,2km lurusnya. Dan ada dua lintasan, yang satu lebar, satu lagi pendek (bisa dilihat di foto dan video). Course dua lebih ngeri lagi karena berkarakter mengumbar performance yang tinggi.

Di sirkuit kedua ini bisa mengeksplore power dari CBR250RR SP merasakan bagaimana keampuhan kinerja Quick Shifternya. Dengan perubahan jumlah rasio di gigi pertama memang jelas banget perbedaannya ketika full betot gas gigi pertama nafasnya jadi lebih panjang. Bahkan kalau dilihat dari video, gampang banget ban depan jengat ketika betot gas awal, wkwkwkwk… mengail power atas lebih cepat terbantu dengan auto blippernya.

Meski akslerasi bertambah power naik, jangan salah… sistem pengereman tetap stabil tetap mendukung motor yang konon bisa mendapatkan top speed hingga 187km/jam ketika ditest oleh internal AHM. Rem ABS bekerja dengan baik, didukung dengan handling yang yang stabil terutama saat mengerem mendadak ataupun ketika menikung. Itu karena ternyata ada resep rahasia bro… AHM kembali meracik ulang sistem suspensi depan dan belakang.

Untuk menahan power dan akslerasi yang sudah lebih besar, di CBR250RR SP kini sok depannya memilik tingkat kekerasan 10% lebih keras dibandingkan old CBR250RR. Yap, sok depan lebih panjang 5mm namun posisi riding position tetap sama karena posisi soknya ditinggikan 5mm dari T atas alias segi tiga atasnya (lihat foto dibawah).

Pantesan saja ketika menikung motor jauh lebih stabil bahkan lebih enak buat ngerebah, karena bukan cuma sok depan saja namun sok belakang juga dibuat lebih keras 10%. Cerdik… terbukti saat pengereman dan menikung kondisi ban belakang lebih menggigit ke aspal.

Secara umum terbukti dengan apa yang telah kang ari rasakan langsung di Honda CBR250RR SP QS sudah sangat membuktikan bahwa motor ini memang motor Sport 250 cc twin paling powerful di Indonesia dan fitur Assist & Slipper clutcnya membaut lembut saat pindah gigi serta akslerasi yang lebih nonjok berkat auto blippernya, downshiftnya asli bikin kangen…

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here