ARIPITSTOP.COM – Beberapa waktu yang lalu sempat viral perihal sebuah motor kloningan Yamaha Nmax meski berupa motor listrik, motor listrik ini ternyata berasal dari Korea Selatan yang secara resmi akan dijual di Indonesia.

Perusahaan motor listrik asal Korea Selatan, MBI, akan mencoba peruntungannya di pasar otomotif roda dua Indonesia. MBI telah menjual beberapa model motor listrik di beberapa negara. Salah satunya adalah MBI S, yang tampilannya mirip seperti Yamaha Nmax. Motor listrik mirip Nmax itu bakal diboyong ke Indonesia. Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) melalui Garda Group PT Garda Digital Indonesia dan PT BorSya Cipta Communica akan mempersiapkan kerja sama dengan MBI dari Korea Selatan untuk menjual motor listrik itu di Indonesia.

Dilansir dari detik.com, Menurut Igun Wicaksono Ketua Presidium Nasional Garda Indonesia, motor listrik itu akan dijual di Indonesia tahun depan. “Ini baru dapat izin ke Korea mungkin awal Januari 2021. Nah nanti kita langsung boyong CBU ke Jakarta sekitar Januari 2021 untuk prototype, uji teknisnya di kementerian-kementerian. Kalau sudah lolos semua, mungkin baru bisa kita lakukan sales (penjualan) itu di pertengahan 2021,” ucap Igun.

“Kalau CBU dan sampai di Indonesia dengan semua pajak dan segala macam itu sekitaran Rp 50 juta. Namun ini kan makanya mau kita proses izin CKD (rakit lokal) di Indonesia. Artinya butuh manufaktur/pabrik yang bisa merakit agar harganya bisa ditekan di bawah Rp 50 juta,” ujarnya.

MBI S ini merupakan motor listrik asal korea Selatan, dengan headlamp LED begitu juga dengan lampu sein dan belakang. Desain lampu depan lebih futuristik dibandingkan Nmax.

Karena ini motor listrik, MBI S tidak memiliki CVT konvensional melainkan menggunakan CVT motor listrik di bagian kiri. Sektor kaki-kakinya MBI S dibekali ban 90/90-14 dan suspensi teleskopik di depan. Bagian belakang ditopang double sok dan ban 130/70-13.

MBI S mengandalkan motor listrik bertenaga 19,3 hp dengan torsi 22 Nm. Spesifikasi tersebut setara dengan performa motor konvensional dengan kapasitas 150 cc. Matic listrik diklaim memiliki kecepatan maksimal 105 km/jam. Jarak tempuhnya dapat mencapai 100 km dalam kondisi baterai penuh dengan kecepatan rata-rata 50 km/ jam.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here