ARIPITSTOP.COM – Balapan MotoGP Austria memberikan drama yang menghadirkan red flag, banyak pembalap terjatuh hingga kembali unjuk giginya KTM. Balapan kali ini dimenangkan oleh Dovizioso yang disusul oleh Joan Mir yang berhasil overtake Jack Miller dilap terakhir.

Balapan ini sempat dihentikan sementara usai Franco Morbidelli dan Johann Zarco mengalami kecelakaan hebat di Tikungan 3 pada Lap 9. Balapan yang seharusnya sepanjang 28 lap ini dipersingkat menjadi 20 lap saja dan dimulai dengan grid berdasarkan Lap 8.

Dua pembalap lain yang juga gagal menyelesaikan balapan karena bertabrakan ialah dua pembalap KTM, Pol Espargaro dan Miguel Oliveira. Sementara itu, Alex Rins melengkapi drama balapan di Red Bull Ring setelah terjatuh dari motornya saat tengah berada di urutan pertama setelah berhasil menyalip Dovizioso.

Balapan kali ini kembali menjadi unjuk gigi KTM lewat Pol Espargaro yang agresif sejak lap awal, balapan dimulai, Jack Miller, Quartararo, Dovizioso berebut posisi terdepan, di belakang ada Espargaro yang sudah siap menyodok kedepan.

Dominasi Miller sempat dipatahkan oleh Fabio Quartararo, namun kesalahan yang dilakukan pembalap asal Prancis ini membuat dirinya harus keluar dari trek dan terlempar ke posisi paling belakang.

Lap 5, Pol Espargaro mengancam Jack Miller setelah berhasil menyalip Dovizioso.

Lap 6, Pol sudah didepan mencatat waktu tercepat 1 menit 24,684 detik. Di tengah persaingan di depan, balapan terhenti pada lap ketujuh di tikungan ketiga. Terlihat Pol Espargaro sedikit emosi karena sudah memimpin di depan namun balapan dihentikan akibat kecelakaan parah yang dialami oleh Zarco dan Morbidelli.

Zarco masih bisa berjalan meninggalkan area sirkuit, tetapi Morbidelli harus ditandu oleh tim medis.

Tayangan ulang menunjukkan salah satu motor sempat melayang melewati Valentino Rossi yang tengah melewati lokasi kecelakaan, sebelum menghantam aspal.

Balapan kembali dimulai, Pol Espargaro masih memimpin pada lap kedelapan sebelum disalip oleh Jack Miller. Espargaro kembali melorot posisinya saat disalip Dovizioso yang merangsek ke posisi kedua setelah mencatat fastest lap. Nasib apes Espargaro belum berhenti. Setelah jatuh ke pringkat keempat, ia terjatuh pada lap ke-16 setelah bertabrakan dengan Miguel Oliveira.

Persaingan perebutan juara semakin sengit diperebutkan oleh Dovizioso, Alex Rins dan Jack Miller serta Joan Mir. Keempat pembalap ini sudah jauh kedepan meninggalkan barisan kedua yang dipimpin oleh Brad Binder.

Dovizioso sukses menyalip Jack Miller dan menjadi pembalap terdepan. Tak butuh Lama Alex Rins merangsek kedepan, namun apes baginya, ketika berhasil menyalip Dovizioso justru malah terjatuh.

Dovizioso ditempel ketat oleh Miller pada posisi kedua dan Joan Mir pada posisi ketiga. Namun, Dovizioso masih bisa menjauh dari kejaran Miller. Justru Joan Mir yang membuat kejutan dengan menyalip Miller pada tikungan akhir untuk mengamankan posisi kedua.

Berikut hasil balap MotoGP Austria 2020 :

  1. Andrea DOVIZIOSO – Ducati Team – 28’20.853
  2. Joan MIR – Team SUZUKI ECSTAR +1.377
  3. Jack MILLER – Pramac Racing +1.549
  4. Brad BINDER – Red Bull KTM Factory Racing +5.526
  5. Valentino ROSSI – Monster Energy Yamaha +5.837
  6. Takaaki NAKAGAMI – LCR Honda IDEMITSU +6.403
  7. Danilo PETRUCCI – Ducati Team +12.498
  8. Fabio QUARTARARO – Petronas Yamaha SRT +12.534
  9. Iker LECUONA – Red Bull KTM Tech 3 +14.117
  10. Maverick VINALES – Monster Energy Yamaha +15.276
  11. Aleix ESPARGARO – Aprilia Racing Team Gresini +17.772
  12. Michele PIRRO – Pramac Racing +23.271
  13. Alex MARQUEZ – Repsol Honda Team +24.943
  14. Bradley SMITH – Aprilia Racing Team Gresini +24.868
  15. Cal CRUTCHLOW – LCR Honda CASTROL +27.435
  16. Tito RABAT – Esponsorama Racing +28.502
  17. Stefan BRADL – Repsol Honda Team +28.609

Gagal finis:

  • Alex RINS – Team SUZUKI ECSTAR
  • Pol ESPARGARO – Red Bull KTM Factory Racing
  • Miguel OLIVEIRA – Red Bull KTM Tech 3

Tidak restart:

  • Franco MORBIDELLI – Petronas Yamaha SRT
  • Johann ZARCO – Esponsorama Racing
Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here