ARIPITSTOP.COM – Banyak yang berpendapat jika kemenangan besar KTM di MotoGP Brno, Ceko, Minggu (9/8/2020), tak hanya berkat Brad Binder yang tampil garang dan performa RC16 yang meningkat tajam, melainkan juga berkat peran besar Dani Pedrosa. Pedrosa resmi menjadi test rider KTM setelah dibuang oleh Honda mulai musim 2020 dan menyatakan pensiun dari balapan.

Sebelum resmi menjadi test rider KTM, Pedrosa telah membela Honda selama 18 tahun di ajang Grand Prix, 13 tahun di antaranya ia habiskan di Repsol Honda. Usai memutuskan pensiun pada akhir 2018 akibat tidak diperpanjang kontraknya digantikan oleh Lorenzo, Pedrosa pun secara mengejutkan pindah ke KTM sebagai test rider.

Sejak menjabat peranan itu, Pedrosa memberi pengaruh dan perubahan besar pada pengembangan RC16. Di tangannya, motor itu semakin kompetitif dalam waktu singkat, dan hal ini dikonfirmasi sendiri oleh Pol Espargaro, yang telah membela KTM sejak awal 2017.

Menurut Carlo Pernat, keuntungan yang didapat KTM dari Pedrosa juga berkat kesalahan Honda Racing Corporation dan Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, yang tak berusaha keras mempertahankan Pedrosa di Honda. Padahal Pedrosa telah mengetahui luar dalamnya Honda sehingga hal inilah yang bisa dimanfaatkan oleh KTM untuk mengembangkan KTM RC16.

“Semua keraguan saya pada KTM telah menguap. Hasil ini sebagian akibat kesalahan strategi Alberto Puig dan Honda: membiarkan Dani Pedrosa pergi dan membiarkannya jadi test rider KTM. Saya rasa ini adalah kunci pentingnya,” ungkap Pernat via GPOne.

Dan beberapa waktu yang lalu, akun instagram resmi MotoGP mengunggah sebuah video yang unik ketika Pedrosa sedang memberikan masukan kepada tim KTM. Terlihat Pedrosa memberikan masukan dengan cara yang unik, cekidot dech videonya:

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here