ARIPITSTOP.COM – Ada tiga faktor motor bisa berjalan dengan sempurna, yang pertama saluran bahan bakar yang sempurna, yang kedua dari kompresi yang sempurna dan yang terakhir adanya pengapian yang baik. Jika salah faktor tersebut tidak dipenuhi maka mustahil motor bisa hidup bahkan bisa berjalan kecuali didorong bawa dech ke bengkel, hehehehehe…

Beberapa waktu yang lalu ketika salah satu konsumen di bengkel motor Zona Speed melakukan servis dengan keluhan motornya nembak2 dan motor kurang tenaga, ternyata didapati kondisi Busi yang penuh kerak di ujung elektrodanya dan ada sedikit basah oli. Pantas saja motornya nembak2 dan loyo karena proses pembakaran dipastikan tidak sempurna karena apinya terganggu.

Kondisi busi di ujung elektroda menempel kerak yang cukup tebal serta berwarna kehitaman pekat agak sedikit basah. Dari ciri2 ini kondisi busi ini dinamakan oil fouled artinya busi penuh dengan kerak yang diakibatkan efek sari pembakaran yang tercampur oleh oli mesin. Dari mana oli mesin bisa ikut terbakar ? ada dua faktor teknis yaitu seal klep/klep bocor yang lebih sering dinamakan oil down dan yang kedua dari ring piston, piston atau cylinder bocor biasanya kondisi ketiga part ini baret sehingga oli naik atau Oil UP.

Jika kondisi seperti ini dibiarkan terus, maka kondisi motor semakin parah terutama di cylinder, piston dan klepnya, bahkan jika sampai kehabisan oli mesin maka kondisi jeroan mesin bisa rontok. Ada kalanya kondisi seperti ini menyebabkan Busi cepat mati, bahkan setiap sebulan sekali harus ganti Busi agar motor bisa hidup.

Segera lakukan servis besar untuk melihat kondisi mesin terutama di ruang bakar.

Advertisements

2 KOMENTAR

  1. mas,,,jupi mx 2011 saya kalo ngebut diatas 60 km/jam…ngebul….kyk fogging…apa itu pertanda masalah di mesin juga?….kalo dibawa santai malah gak keluar tuh asap…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here