ARIPITSTOP.COM – Rumah kopling alias Mangkok Kopling atau Clutch Housing memiliki peranan penting di bagian penyalur tenaga untuk motor matic, jika rumah kopling kopling bermasalah biasanya motor jadi selip, loncat2 alias gredek-gredek saat tarikan awal atau bisa di tarikan menengah. Jadi tidak nyaman banget ketika mangkok kopling sudah rusak atau peang.

Informasi singkat kali ini bukan mau membahas kinerja rumah kopling melainkan hanya sekedar memberitahukan bahwa para owners Yamaha Nmax jangan sampai beli rumah kopling karena mangkok kopling motor Nmax ada dua versi.

Pengalaman ini sudah dua kali terjadi di bengkel saya sendiri, bengkel motor Zona Speed menerima servis segala macam motor yang sudah sejak setahun ini saya kelola sendiri. Ceritanya konsumen ini membeli rumah kopling untuk motornya, konsumen merasakan gejala gredek-gredek di motornya ketika tarikan awal, belilah dia rumah kopling di bengkel resmi kemudian barangnya dipasang di bengkel saya. Ketika dibongkar ternyata rumah kopling bawaan motornya tidak bisa dipasang memakai rumah kopling yang baru saja dia beli. Usut punya usut ternyata motor Nmax miliknya tahun 2018 ini memiliki desain mangkok kopling yang berbeda dengan yang dia beli. Jadi ternyata beda desain ini berpengaruh terhadap kenormalan saat motor berjalan.

Rumah kopling yang dia beli memiliki kode depan 2DP, dan memang benar kok itu kode part milik Yamaha Nmax, melainkan salah ketika akan dipasangkan di motornya karena Yamaha Nmax tahun 2018 sudah tidak lagi memakai rumah kopling berkode 2DP melainkan harus pakai kode depan B65 alias mangkok kopling milik Yamaha Aerox 155.

Jadi, desain rumah kopling Nmax 2015-April 2017 memakai kode rumah kopling 2DP sedangkan untuk Nmax Mei 2017-2020/sekarang memakai kode B65 (rumah kopling Aerox 155).

Apanya yang beda ?, perbedaan jelas ada pada desain rumah koplingnya, bisa dilihat di gambar dibawah ini. Nmax versi lama memakai desain gigi alurnya yang full terisi, sedangkan Nmax 2018 desain gigi alurnya tidaksepenuhnya full.

Hal ini diakibatkan karena As pully belakang motor Nmax ini beda desain. As pully belakang Nmax Mei 2017-2020/sekarang memakai As pully punya Yamaha Aerox 155 sehingga rumah koplingnya juga harus menyesuaikan pakai punya Aerox 155 juga.

Advertisements

8 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here