ARIPITSTOP.COM – Ada suara kasar nglitik atau ngletek di motor Yamaha Nmax, Lexi atau Aerox?, bisa dibilang ini salah satu kekurangan dari mesin motor Maxi dari Yamaha karena sudah banyak yang mengalami kejadian seperti ini bahkan terjadi juga di beberapa motor Yamaha lainnya seperti R15 VVA atau generasi mesin Vixion dan Jupiter MX.

Suara kasar ngletek ini memang sangat mengganggu, bahkan suaranya sudah seperti mesin jahit. Seperti motor Aerox 155 yang baru saja datang di bengkel Zona Speed yang beralamat di Jl. Raya Hankam No.35, RT.001/RW.005, Jatimelati, Kec. Pd. Melati, Kota Bks, Jawa Barat 17415.

Motor Aerox ini suaranya kasar banget, bisa didengar di video dibawah ini : via hp klik disini

Suaranya sudah seperti mesin jahit, kejadian seperti ini sudah pernah saya tangani juga di motor Nmax, Lexi dan R15 VVA, bahkan pernah terjadi juga di Vixion dan Jupiter MX meski suaranya tak sekencang seperti ini.

Lalu apa sebenarnya yang terjadi?, ternyata setelah saya bongkar, kerusakannya ada di dua tempat. Yang pertama bearing noken as yang oblak dan yang kedua adalah pelatuk klep yang oblak atau bisa juga terjadi bearing noken as dan pelatuknya pada oblak semua.

Kenapa bearing noken as dan pelatuk klep bisa oblak?, bisa terjadi karena sering telat ganti oli, pernah kehabisan oli atau kualitas part yang mudah oblak, karena pernah terjadi juga di motor yang umurnya belum ada satu tahun dan penggantian oli mesin dilakukan secara rutin.

Dari beberapa kasus yang pernah saya tangai di motor Nmax, Aerox 155, Lexi dan R15 VVA, lebih banyak terjadi di bagian pelatuk klep bagian IN, sedangkan pelatuk klep yang EX jarang terjadi oblak. Kalau sudah oblak, pastinya komponen ini harus diganti yang baru karena tidak bisa diservis atau direkondisi.

Advertisements

7 KOMENTAR

  1. Mas Ari, ane punya Honda Karisma, kalo udah panas dan pada putaran menengah ke atas akan bunyi seperti itu. Tapi kalo di putaran bawah saja, tidak ada bunyi. Itu kenapa ya Mas? Sudah ganti RRA, noken as, bearing noken as, templar, tapi masih bunyi seperti itu. Kira2 karena apa ya Mas?

  2. New nmax saat mesin panas klitik/terrr/gretek sebelah radiator di awal start sampai jlan kurang dari 40km…
    Kec tinggi hilang, biasanya apanya mas yg perlu di cek…?
    Apa ya memang karakter mesine gitu mas hikhikhik

  3. Mas aerox saya klo gas kecil suka brebet to klo gas besar lancar,itu terjadi dari motor masih baru,udah d servis berkali2 to hasilnya nihil minta solusinya mas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here