ARIPITSTOP.COM – Yamaha bukan hanya terkenal sebagai produsen motor roda dua juga alat musik serta alat penyaring air, ternyata Yamaha juga memproduksi sepeda gowes meski masuk dalam kategori electrik bike namun desainnya sangat goweser banget. Seperti yang baru saja dirilis dengan nama Civante.

Yap, ternyata Yamaha sudah lama membuat sepeda, tepatnya sejak tahun 1993 yang lalu. Sepeda yang diproduksi oleh Yamaha masuk kategori E-bike atau sepeda listrik memiliki sistem bantuan kayuh yang ditenagai baterai untuk penggeraknya. Bahkan sistem motor juga mampu memberikan dorongan tenaga ketika sedang menanjak.

Sepeda produksi Yamaha ini memiliki tampang yang khas layaknya sepeda road bike dengan adanya handle bar. Bahkan frame-nya pun terlihat seperti road bike pada umumnya. Yamaha Civante menggunakan drivetrain 10 kecepatan, rantai ganda, rem cakram hidraulik, dan shifter Shimano STI.

Yamaha Civante ini dibekali sebuah mesin penggerak PWSeries SE. Dengan mesin tersebut, sepeda ini diklaim bisa membuat genjotan pedal lebih halus. Bahkan torsi dan daya dihasilkan dalam waktu yang tepat sesuai kebutuhan goweser. Dengan demikian, sepeda ini menghasilkan daya bantu pedal yang baik, karena sepeda ini hadir dengan pedal-assist dan tanpa mode torsi saja. Jadi, daya akan terputus jika goweser berhenti mengayuh atau kecepatan tertinggi sudah tercapai.

Di atas kertas, sepeda listrik ini bisa menghembuskan torsi 70 Nm dan mendukung irama pedal hingga 110 rpm. Motornya juga dirancang untuk memberikan dorongan hingga 28 mph (45 km/jam). Yamaha Civante dibekali Baterai lithium-ion 500 watt yang terdapat di rangka dapat diisi langsung saat sepeda digunakan atau mati, dengan kapasitas 80 persen dalam satu jam.

e-bikes Yamaha ini dilengkapi tampilan multi-fungsi LCD yang bisa melihat informasi seperti mode pedal assist, informasi baterai, kecepatan, odometer, jam, stopwatch

Sayangnya Yamaha Civante baru dipasarkan di Amerika Serikat. Sedangkan harganya dibanderol US$ 3.399 atau sekitar Rp 48,9 jutaan.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here