ARIPITSTOP.COM – Motor ada kendala tidak bisa dihidupkan memakai elektrik starter? ada permasalahan yang kompleks karena bukan hanya semata-mata aki soak atau dinamo rusak, masih banyak faktor lainnya salah satunya gigi starter rompal.

Motor tidak bisa distarter elektrik atau tangan ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, bisa dari saklar, aku hingga dinamo rusak. Berikut beberapa faktor starter elektrik tidak berfungsi dengan baik :

1. Saklar dan kabel

Masalah yang pertama ada di bagian saklar, kalau saklar bermasalah biasanya yang terjadi adalah semua kelistrikan berfungsi normal seperti klakson berfungsi baik, aku bagus namun ketika tombol saklar dipencet tidak ada reaksi sama sekali yang ditimbulkan.

 

Biasanya ada masalah di bagian tombolnya yang kotor atau berkarat, cukup dibersihkan saja atau disemprot pelumas dibagian tombol starter. Ada juga kabel atau soket yang putus juga tidak ada reaksi sama sekali ketika tombol starter dipencet.

2. Aki soak

Para pemilik motor banyak yang berpendapat bahwa kalau speedometer nyala, klakson bunyi, lampu sein nyala normal maka kondisi aki juga normal. Itu persepsi yang salah…! karena lampu sein, klakson dan lampu2 lainnya akan berfungsi normal meskipun kondisi aki dibawah 12 Volt, berbeda dengan Dinamo yang membutuhkan tegangan minimal 12 volt, kondisi aki dibawah 12 volt maka aki tidak kuat untuk memutar dinamo starter.

Caranya mudah kok, ganti saja akinya memakai aki motor lain yang masih normal, kalau berhasil maka akinya yang bermasalah.

3. Bendik / Starter Relay

Bendik adalah relay yang menghubungkan tegangan listrik dari aku menuju dinamo starter. Cirinya bendik bermasalah biasanya ketika tombol starter dipencet hanya mengeluarkan bunyi “detik-detik” saja, dan dinamo tidak ada reaksi, atau dinamo hanya mengeluarkan suara seperti tidak ada kekuatan karena tegangan yang masuk ke dinamo berkurang atau tidak ada sama sekali.

Untuk mengecek apakah bendik rusak atau tidak, mudah… cabut Bendik lalu hubungkan dua terminal Bendik alias dijumper, kalau dinamo nyala maka Bendik rusak. Untuk cara yang lebih profesional adalah dengan mengecek tegangan yang masuk ke Dinamo menggunakan Volt meter, tempelkan kabel positif volt meter ke kabel terminal positif di Dinamo starter, kabel negatif volt meter tempelkan ke massa motor, bisa di mesin/rangka/kabel massa, kemudian pencek tombol starter elektrik. Volt harus menunjukkan angka 12 Volt, kalau tidak ada tegangan sama sekali berarti Bendik rusak.

4. Dinamo Starter

Dinamo starter lebih sering menjadi biang kerok ketika elektrik starter tidak bisa digunakan, padahal jarang loch Dinamo itu rusak dan kalaupun rusak biasanya hanya karena arang starternya saja yang sudah habis atau tipis. Cukup ganti arang starter maka Dinamo sudah tokcer lagi, kecuali memang gulungan Dinamo starter sudah konslet atau magnet yang nempel di dinding Dinamo starter sudah lepas maka Dinamo memang disarankan ganti baru.

 

5. Gigi starter

Komponen lain yang membuat elektrik starter tidak berfungsi adalah gigi starter, ketika gigi starter rusak, maka Dinamo tetap berputar namun putaran dari Dinamo tidak bisa disalurkan ke kruk as.

Sebenarnya apa sih gigi starter itu?, ini merupakan komponen penghubung antara Dinamo starter dengan kruk as, putaran dari Dinamo akan diteruskan oleh gigi starter kemudian akan menggerakkan starter otomatis yang menempel menjadi satu dengan poros engkol alias kruk as.

Kerusakan yang terjadi di Gigi starter ini adalah giginya pada rompal, kalau giginya sudah pada rompal maka ketika tombol starter dipencet hanya akan bunyi putaran Dinamo starter saja, alias bunyi “cring-cring-cring”. Solusinya hanya bisa ganti baru saja.

6. Starter otomatis 

wkwkwkwk… masih ada lagi loch… ini adalah komponen terakhir dari serangkaian kinerja elektrik starter yaitu Starter Otomatis alias one way atau sering disebut juga sebagai Starter Clutch. Komponen ini menjadi satu bagian di kruk as, lokasinya biasanya nempel dengan magnet. Sama seperti ketika Gigi starter yang rompal, jika Starter otomatis ini sudah aus maka putaran dari Dinamo tidak bisa disalurkan ke kruk as, maka hanya ada bunyi “cring-cring-cring” ketika tombol starter dipencet.

Ada beberapa solusi ketika Starter Otomatis alias one way atau sering disebut juga sebagai Starter Clutch, ada yang memang harus diganti baru untuk sebagian tipe motor, namun ada juga yang cukup ganti pelor starternya saja yang harganya pastinya jauh lebih murah ketambah ketika ganti baru.

Advertisements

5 KOMENTAR

  1. Kalau susah starter saat kondisi mesin sudah panas itu apa lek? saat distarter elektrik, mesin muter tp ga mau hidup..tp kalau di starter pancal langsung bisa hidup..
    kondisi dingin elektrik starter lancar.. bekakasnya supra mprit lek..

  2. Betul lek, aki yg kuat sein & klakson, belum tentu kuat start, kejadian di motorku sendiri. Makanya sebelum bongkar2 part lain, aki harus di cek paling awal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here