ARIPITSTOP.COM – Pabrikan motor Honda kali ini benar-benar serius menyeret sebuah pabrikan motor ke Pengadilan karena kasus dugaan penjiplakan desain. Sudah banyak sekali desain motor pabrikan Jepang yang dijiplak oleh beberapa produsen motor terutama di Cina, namun kali ini masalah serius justru dipermasalahkan di negara India. Honda menduga pabrikan Hero Elektric menyomot desain motor milik Honda motor.

Honda dan Hero dulunya merupakan satu partner bisnis yang cukup erat. Kemitraan itu berlangsung dari 1984 hingga 2010. Hubungan rumit ini juga terjadi antara Hero MotoCorp dan Hero Electric. Meski keduanya dikelola oleh Naveen Munjal masing-masing entitas memiliki pengembangan produknya sendiri. Hero Electric juga diketahui tidak memiliki asosiasi bisnis dalam daftar bursa efek nasional India.

Honda menuntut pabrikan Hero electric telah menjiplak desain Honda Moove yang kini dijual di Thailand.

Motor yang sedang digugat oleh Honda adalah motor listrik yang dinamai Dash oleh Hero Electric dan pertama kali dipasarkan di India pada tahun 2019. Honda mengatakan desain Dash Electric menjiplak desain dari Honda Moove. Moove merupakan skuter berbahan bakar bensin yang dijual di Thailand dan tidak pernah sama sekali dieskpor ke India.

Ada tiga elemen dasar yang dipermasalahkan Honda terkait desain motor listrik Hero itu. Lampu depan, belakang serta cover body dari Dash diklaim Honda serupa dengan Honda Moove.

Honda telah mengajukan petisi sementara untuk meminta Hero Electric. Petisi tersebut berisi permintaan menghentikan penjualan. Bahkan Honda juga meminta perusahaan India itu untuk berhenti memproduksi dan mengiklankan matic listrik Dash.

Proses pengadilan kasus ini akan digelar selanjutnya pada 11 Juni 2020. Honda baru tahu desain miliknya dijiplak ketika memasukkan administrasi distribusi Moove di India. Karena Honda India memang tengah berupaya mendatangkan matic asal Thailand itu ke India.

Sebenarnya pabrikan motor Honda dan Hero dulunya punya hubungan erat, Honda dan Hero merupakan satu partner bisnis, kemitraan itu berlangsung dari 1984 hingga 2010. Kini Honda India sudah berpisah dengan Hero hingga akhirnya Hero membuat pabrikan motor sendiri yang berbasis motor lokal India. Rekanan antara Honda dengan Hero ini seperti halnya Honda dengan PT Astra Honda Motor di Indonesia.

Hero Dash Electric

Honda Moove

Advertisements

7 KOMENTAR

  1. Hero bisa berdikari jd produsen otomotif sendiri, dan survive walau pisah dgn otomotif Jepang.

    Astra kenapa tidak bisa meniru spti itu??
    Puluhan tahun hanya jualan mopang, tdk ada inisiatif & kebanggaan utk bs bikin motor sendiri.

  2. Itu Honda kalah teknologi sama Hero India ya…. Hero udah teknologi listrik, Honda masih muter-muter di mesin mbit…. hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here