ARIPITSTOP.COM – Menerbangkan Balon udara di sebagian daerah sudah menjadi tradisi untuk menyambut datangnya hari raya Idul Fitri, di hari pertama atau tepatnya setelah selesai melaksanakan sholat ied sebagian masyarakat menerbangkan balon udara dan sekarang banyak balon udara yang ditambahkan dengan petasan yang diledakkan saat balon udara berhasil diterbangkan. Tradisi ini menyenangkan buat yang menerbangkan namun bisa menjadi malapetaka buat yang kejatuhan balon udara tersebut.

Sejak hari pertama hari raya Idul Fitri 1441 H, di media sosial dihebohkan adanya balon udara yang terbang di sekitar langit Solo-Yogayakarta dan sekitarnya dan belum diketahui pasti asal balon udara tersebut, namun yang pasti bahwa langit daerah Solo dan sekitarnya memang dihiasi beberapa balon udara yang siap jatuh, bahkan sampai di hari kedua lebaran juga masih banyak balon udara terlihat di langit Solo dan sekitarnya.

Sudah menjadi tradisi dan biasanya hal yang sudah menjadi tradisi akan susah dihilangkan meskipun sudah ada larangan dari pihak yang berwajib. Balon udara memang sangat menghibur namun juga memiliki efek samping yang berbahaya yaitu ketika balon udara tersebut sudah turun dan menimpa atap rumah bisa menimbulkan kebakaran jika masih menyisakan api.

Selain itu balon udara juga dianggap mengganggu penerbangan pesawat terutama di jalur udara yang sering dilewati pesawat. Oleh karena itu dulu pemerintah giat mensosialisasikan pelarangan penerbangan balon udara.

Dan kabar terbaru saat ini, dilansir dari akun instagram @_infocegatansolo beberapa balon udara jatuh menimpa atap rumah warga, sebagian jatuh di jalanan dan yang paling bahaya adalah ketika balon udara ada yang jatuh menimpa sebuah gardu PLN. Dalam sebuah postingan terlihat sebuah balon terjatuh tepat di kabel pembangkit listrik milik PLN.

Tentunya kejadian ini sangat berbahaya, balon udara terebut bisa menimbulkan konslet hingga mengakibatkan terjadinya kebakaran hingga listrik padam di beberapa daerah terdampak.

View this post on Instagram

Balone nyangkut lurr….

A post shared by infocegatansolo (@energisolo) on

View this post on Instagram

Iki to balon e TKP prawit

A post shared by infocegatansolo (@energisolo) on

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Setan emang, tradisi yg buruk masih saja dijalankan. Sekarang mah tradisinya mendingan diganti bikin drone aja šŸ˜€ dari pada bikin balon udara yg nyusahin orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here