ARIPITSTOP.COM – Ban tiba2 kempes saat jalan?, pasti sebagian besar pemotor sudah merasakan kejadian tersebut. Sangat tidak nyaman ketika kita harus naik motor dalam kondisi ban yang kempes, bahkan bisa membahayakan kita dan orang lain akibat kondisi tekanan angin ban yang kurang.

Pada saat tekanan angin ban di motor kita kempes, hal yang kita lakukan pastinya menambah angin agar kembali normal. Menambah angin ban bisa kita lakukan di tukang tambal ban yang banyak di pinggir jalan atau di SPBU yang menyediakan tambah angin yang biasanya self service alias penambahan ban dilakukan oleh kita sendiri.

Tentunya yang paling sering dilakukan adalah menambah angin di bengkel motor atau tukang tambal ban yang banyak tersedia di pinggir jalan. Kita tinggal bilang sama tukang tambal ban untuk menambah angin pada ban motor. Ketika menambah angin pada ban motor tentunya tidaklah gratis, meski ada sebagian yang ikhlas tidak mematok biaya atau bahkan dengan kata “terserah berapa saja”.

Yap, mengisi angin pada ban banyak sekali terjadi yang punya motor tetap berada di motor tidak mau turun, bahkan sang pembonceng juga tetap berada di motornya, meski membayar dan konsumen bagaikan raja, apakah pada saat mengisi angin harus tetap ada etikanya?.

Ketika kita sendirian naik motor pembonceng, mungkin tidaklah terlalu bermasalah ketika mengisi angin tanpa harus turun dari motor. Akan tetapi lebih bagus dan lebih menghormati kepada si penambah angin, jika kita turun dari motor.

Lalu bagaimana ketika kita sedang berboncengan?, etika yang paling bagus pastinya si pembonceng turun dari motor. Jika tidak turun dari motor, maka gambaran yang terjadi seperti foto dibawah ini. Terlihat kurang sedap dipandang mata bukan?.

Bagaimana menurut kalian ketika mengisi angin di ban motor?, apakah harus turun dari motor atau tidak masalah tetap diatas motor?.

foto facebook
Advertisements

14 KOMENTAR

  1. sebaiknya turun ya kang, kalau perlu kita ikut jongkok sedikit ketika tukangnya isiin angin, kayaknya itu lebih terasa menghargai tukang angin: bahwa kita itu sebenarnya setara. it’s a matter of showing a good attitude

  2. …….. coba ngisi sendiri boleh , asal bayar pasti turun …… gitu aja repot tidak isah dipermasahkan , bila sungkan tegur saja kan beres …….yg sungkan yang melihat …..

  3. Ya kembali k tukang tambalnya, klo mentalnya 2ribuan saja, ya biarin kayak gt.
    Tp klo punya harga diri, pasti nyuruh turun, standar dua.
    Saya sering nongkrong d bengkel, pemiliknya gt, klo ad yg minta isi angin tp gak turun, disuruh turun n standar 2. Klo gak mau, ya gak dilayani.
    Mbayar cuman 2 ribu kq malas turun dr motor. Malas tu boleh buat yg udah kaya, yg ngisi angin ban motor aj mau ngasih 15ribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here