ARIPITSTOP.COM – Yamaha India beberapa bulan yang lalu ternyata merilis Yamaha R15 V3 atau lebih dikenal dengan All New R15 untuk versi Indonesia, dengan warna yang lebih sporty dan kini sudah lebih ramah lingkungan namun dengan konsekuensi kalau power motornya lebih rendah dari versi sebelumnya.

Yamaha R15 terbaru dari India ini sebelumnya memiliki power hingga 19,3 PS namun kini powernya menjadi sekitar 18,6 PS alias terjadi penurunan hingga 0,7ps. Itu belum termasuk bobot yang kini juga semakin membengkak menjadi 142 kg dari sebelumnya 136 kg.

Kenapa demikian?, yap… di India sudah menerapkan regulasi yang ketat soal emisi gas buang tidak seperti di Indonesia yang masih agak kendor. Di negara yang sedang viral video kuliner jajanan ala jalanan ini menerapkan peraturan yang bisa dibilang setara dengan regulasi di Eropa. Jadinya untuk motor tahun 2020 di India sebelumnya disebut masih memenuhi syarat emisi gas buang BS4 kini harus naik memenuhi standar BS6, yang emisi gas buangnya jauh lebih rendah.

Atas regulasi baru ini, para pabrikan motor di India harus putar otak agar motor2 mereka tetap bisa dijual. Salah satu yang jadi korban yaitu R15 V3 2020.

R15 V3 meski mirip dengan All New R15 ada beberapa perbendaan seperti sok depan yang masih tipe teleskopik untuk versi India sedangkan di Indonesia sudah memakai sok USD.

Berikut pilihan warna baru R15 V3 2020 India :

Advertisements

2 KOMENTAR

  1. “Itu belum termasuk bobot yang kini juga semakin membengkak menjadi 142 kg dari sebelumnya 136 kg”

    waduh….itu Catcon nya jadi seberapa banyak ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here