ARIPITSTOP.COM – Dorna memutar otak agar balapan MotoGP 2020 tetap digelar meski beberapa sirkuit sudah dipastikan batal, bahkan kini fokus Dorna hanya balapan di negara Eropa dengan regulasi dua kali balapan dalam satu sirkuit sehingga minimal akan ada 10 balapan dalam musim 2020 ini.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menyatakan akan fokus menggelar 10-11 balapan MotoGP di lima negara Eropa, meski tak menutup kemungkinan bakal menambah jumlah balapan di negara luar Benua Biru.

“Dua pekan lalu, rencana kami mulai balapan di Red Bull Ring pada Agustus. Kami masih punya tanggal untuk Ceko (7-9 Agustus) dan Austria, jadi kami akan balapan di sana jika bisa. Tapi jika bisa lebih awal di Spanyol, kami akan melakukannya,” ujarnya seperti yang dikutip Motor Sport Magazine.

Ezpeleta lebih lanjut mengatakan jika jadwal balapan MotoGP 2020 setidaknya akan dikeluarkan sekitar akhir bulan Mei.

“Kami butuh 2-3 pekan lagi untuk memutuskan. Kami rasa kami bisa mengajukan kalender yang lebih jelas pada pekan ketiga atau keempat bulan Mei,” ungkapnya.

Dorna hanya fokus balapan di Eropa karena demi keselamatan serta kemudahan dalam memindahkan logistik MotoGP.

“Prinsipnya, skenario pertama adalah memulai musim pada akhir Juli dan fokus menggelar balapan di Eropa, bergerak maksimal di lima negara, dengan 10-11 balapan,” ujar Ezpeleta.

“Di beberapa sirkuit, kami bakal menggelar satu balapan, sementara di sirkuit lain kami akan menggelar dua balapan pada dua akhir pekan beruntun. Kemudian, kami akan rehat sepekan dan lalu ganti sirkuit,” lanjutnya.

Sementara untuk balapan di luar Eropa, Ezpeleta menjelaskan bisa saja terjadi namun akan dijadwal ulang. Karena jika balapan diluar Eropa akan butuh biaya yang lebih banyak dan jika digelar tanpa penonton maka akan sulit terlaksana karena biaya tiket penonton digunakan untuk biaya akomodasi.

“Kami sedang bicara dengan sirkuit-sirkuit ini untuk melihat apakah mereka bisa menggelar balapan atau tidak. Pada awal September, kami akan memberi tahu tim dan semua orang apakah kami bakal balapan di luar Eropa. Jika bisa, maka kami bisa menggelar total 14 balapan,” pungkas Ezpeleta.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here