ARIPITSTOP.COM – Demi bisa mudik apa saja dilakukan agar sampai kampung halaman, bahkan para pemudik nekat duduk di dalam bagasi bus yang pengap dan panas. Kejadian ini merupakan imbas dari pelarangan mudik yang dilakukan oleh Pemerintah untuk mencegah merebaknya virus Corona di Indonesia.

Foto penumpang bersembunyi didalam bagasi ini viral setelah diunggah oleh akun twitter @akurommy.

“Nekat mudik Meski sudah dilarang oleh pemerintah, mereka nekat mudik. Untuk menghindari razia yang digelar aparat selama PSBB, mereka rela duduk di bagasi bus dengan ongkos Rp450 ribu. Foto diambil oleh sepupunya @saeval di Terminal Bus Ciledug, Jumat (24/4/2020) siang,” tulis akun @akurommy.

Menanggapi hal ini, Kurnia Lesani Adnan, Pemilik PO SAN sekaligus Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), mengatakan hal tersebut memang benar adanya.

“Kejadiannya di Cileduk, tapi bukan terminal resmi. Sebenarnya begini, bukan busnya saja, tapi penumpangnya yang memang sudah mau mudik, artinya kemauan dari penumpang atau masyarakatnya. Karena takut ada razia jadi penumpang itu mau duduk di dalam bagasi dulu,” ujar pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com, Sabtu (25/4/2020).

Kronologi :

  • Tanggapan dari @JonWiraHutama terhadap foto tersebut. Menurut akun@JonWiraHutama, lokasi foto tersebut bukan di Terminal Bus Ciledug melainkan di sekitar Cikarang.
  • “Dan tweet dari mb @saeval ini tdk benar. Foto tsb diambil di pom bensin cikarang bukan di ciledug. Sudah di confirm oleh crew bus langsung,” tulis @JonWiraHutama.
  • bus tersebut berangkat menuju ke arah Jawa Tengah dari Bekasi dengan mengambil jalan arteri sampai dengan di kawasan Cikarang. Ketika sampai di daerah Cikarang, crew bus mendapat informasi adanya penyekatan dan diminta kembali ke arah Jakarta.
  • Crew bus kemudian bernegosiasi dengan penumpang terkait pengembalian ongkos. Tetapi ternyata para penumpang menolak untuk kembali ke Jakarta.
  • Ketika penumpang memaksa untuk tetap berangkat ke Jawa Tengah, crew bus menyarankan kepada penumpang untuk duduk di bagasi sampai dengan titik pemeriksaan.
  • Seluruh penumpang setuju, lalu di pom bensin cikarang mereka berpindah ke bagasi dan karet2 semua dilepas supaya udara bs masuk…” tulis akun @JonWiraHutama.
  • Setelah melalui titik penyekatan, penumpang kembali ke tempat duduk penumpang dan bus melanjutkan perjalanannya.
  • Selepas pos penyekatan penumpang kembali naik ke tempat duduk dan bus jalan menuju jogja, bahkan dari PT bus tersebut ada refund beberapa % dari harga tiket dan sebenarnya seluruh penumpang sudah membawa kartu sehat.
Advertisements

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here