ARIPITSTOP.COM – Secara rewmi Honda Jepang telah memperkenalkan CB-F Concept via online, sebenarnya Honda siap meluncurkan CB-F Concept 2020 bulan ini Osaka Motorcycle Show yang akan diadakan di Jepang. Namun, karena dunia saat ini sedang berperang dengan Covid-19, alhasil event tersebut dibatalkan.

Model-CB Honda telah ada sejak tahun 60-an dan model CB-F Concept diciptakan untuk menghormati sejarah 60 tahun-nya. Motor konsep ini terinspirasi seperti model CB750F.

Motor konsep ini dibangun menggunakan mesin superbike, Honda CBR1000RR model tahun sebelum 2020 dengan kubikasi 998 cc 4 silinder segaris DOHC, 4 valve per silinder. Namun sasis yang digunakan tidak menggunakan Double Beam/Perimeter chassis. Honda menggunakan sasis ringan terbuat dari high-tensile steel berjenis Mono Backbone Frame yang diambil dari CB1000R.

Melihat desainya, jelas motor ini adalah retro rasa modern, lampu utama LED yang menarik model konsep ini juga terlihat menggunakan Pro-Arm yang awalnya dikembangkan untuk mesin balap RC seri-RC Honda. Suspensi menggunakan garpu USD di depan dan monoshock di belakang.

Fitur2 terkini juga terpasang pada CB-F Concept seperti meter tipe digital, pengaturan rem kembar dengan rem radial empat piston di bagian depan, knalpot pendek tetapi catalytic converter yang rendah.

Belum diketahui kapan versi massalnya akan dirilis, karena seperti kebiasaan Honda ketika merilis versi konsep maka kedepannya akan lahir versi produksi massal.

Advertisements

2 KOMENTAR

  1. Desainnya cenderung mengotak, mirip tahun lawas. Artinya ini beneran jadul bukan retro2an lagi..
    Btw tangkinya kayak gitu kira2 pake motor ini berjam2 dikempit sakit gk ya selangkangan hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here